terkini

Ads Google

Seleksi PPS Terindikasi Bermasalah, SEMMI Siap Lakukan Aksi

Redaksi
1/24/23, 22:27 WIB Last Updated 2023-01-24T15:27:02Z


Kabaran Garut,- KPUD Garut melantik anggota Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) Pemilu 2024 kabupaten Garut secara serentak, Selasa (24/1/2024).


Dibalik suksesnya acara pelantikan, ternyata dugaan miring justru muncul dari para peserta seleksi PPS. Hal ini mendapat respon keras dari Fathan, Ketua Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia Cabang Garut.


“Setelah terlaksananya pelantikan PPS banyak aduan masuk ke kami prihal kejanggalan pengumuman hasil seleksi PPS dari para peserta di beberapa desa yang tersebar diseluruh kecamatan diKabupaten Garut,” ungkap Fathan.


Lebih lanjut Fathan menjelaskan bahwa setelah dilaksanakanya pelantikan PPS oleh KPU Garut, SEMMI mendapat banyak aduan melalui media sosial dan Whatsapp.


“Ya, SEMMI mendapat banyak aduan dan kita sedang menampung aduan lainnya, jika ada dari peserta seleksi PPS yang merasa hasil kelolosan janggal bisa hubungi SEMMI melalui Media Sosial kami atau Whatsapp aduan yang kami sediakan,”  lanjut Fathan.


Bahkan SEMMI mengklaim sudah memiliki banyak bukti kejanggalan dalam penentuan hasil kelolosan PPS di Kabupaten Garut.


“Kami sudah mendapat banyak bukti yang diduga merupakan kejanggalan, contoh ada satu peserta seleksi yang memiliki nilai CAT tertinggi namun Gagal, Kedua tidak adanya transparansi dari nilai wawancara, bahkan disalah satu desa terdapat peserta seleksi yang tidak mengikuti tes wawancara namun ditetapkan sebagai anggota PPS terpilih,” terangnya.


Sedangkan dalam tahapan seleksi PPS ada beberapa aturan dan pasal dalam penyelenggaraan pemilu yang di laksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), salah satunya Pasal 3 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menyebutkan ada 11 prinsip penyelenggara pemilu, yaitu mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, dan efisien.


KI

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Seleksi PPS Terindikasi Bermasalah, SEMMI Siap Lakukan Aksi

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x