terkini

Ads Google

Budidaya Ikan Air Tawar, Pendamping Program Badan Amil Zakat Lakukan Pelatihan

Redaksi
2/14/23, 15:24 WIB Last Updated 2023-02-14T09:54:15Z


Kabaran Meranti
, - Pendamping Program Badan Amil Zakat Kepulauan Meranti melakukan Pelatihan Teknis Perikanan Budidaya Ikan Air Tawar bersama Kelompok Binaan Usaha Jaya Ansor berkolaborasi dengan Dinas Perikanan Kabupaten Kepualauan Meranti sebagai narasumber bertempat di Desa Bina Maju Kecamatan Rangsang barat, Selasa (14/02).


Narasumber Silivia, A, S.Pi, M.Si menyampaikan materi pemeliharaan ikan air tawar, kadar air untuk pemeliharaan ikan air tawar, jenis penyakit, pengobatan serta pembuatan pakan yang baik untuk dikonsumsi ikan air tawar. Pendampingan Program permberdayaan ekonomi peternakan ikan air tawar ini bekerjasama antara Baznas Kabupaten Kepulauan Meranti dengan dukungan pembiayaan dari Baznas Provinsi Riau dalam upaya mengentaskan kemiskinan extrim di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti.


"Pelatihan Teknis ini diberikan agar para peternak ikan lebih mendalami ilmu seputar pembudidayaan ikan air tawar dengan komoditas Ikan Lele, Ikan Nila dan Ikan Gurami," kata Silvia.


Sementara ketua Baznas Meranti Mardio menyampaikan pelatihan yang diberikan kepada mustahik agar dapat menerapkan ilmu yang didapatkan pada pemeliharan ikan air tawar.


"Pelatihan ini kita laksanakan selama tiga hari, setelah dilakukan pelatihan ini para mustahik bisa menghasilkan panen budidaya ikan secara maksimal. Kedepannya juga bisa membuat kerjasama dengan Dinas Perikanan untuk pendampingan dari penyuluh Dinas Perikanan," tutur Mardio.


Selama proses pelatihan, antusias dari anggota kelompok sangat tinggi dimana hampir seluruh anggota kelompok melakukan tanya jawab dan diskusi terkait pemeliharaan yang telah dilakukan dari Kelompok Usaha Jaya Ansor. Setelah pelatihan dilaksanakan, Narasumber bersama peserta binaan Baznas langsung turun ke lapangan untuk melihat kolam pembibitan dari Kelompok Usaha Jaya Ansor.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Budidaya Ikan Air Tawar, Pendamping Program Badan Amil Zakat Lakukan Pelatihan

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x