terkini

Ads Google

Dua Tahun Pimpin MURA, Ratna-Suwarti Gagal Turunkan Kemiskinan

Redaksi
2/14/23, 13:11 WIB Last Updated 2023-02-14T06:11:29Z


Kabaran Mura, – Hampir 2 tahun kepemimpinan Bupati Musi Rawas Ratna Machmud dan Wakil Bupati (Wabup) Suwarti, angka kemiskinan tidak menurun secara signifikan di Kabùpaten Musi Rawas.


Ketua Depicab Wira Karya Indonesia (WKI) Kabupaten Musi Rawas, M. Ikhwan Amir mengatakan, mestinya melalui sembilan (9) program unggulan Bupati Ratna dan Wabup Suwarti dengan kisaran anggaran 3 triliunan, dapat menekan angka kemiskinan sehingga dapat melepaskan jerat kemiskinan warga Musi Rawas.


“Selama 2 tahun pemerintahan Ratna-Suwarti dan dari anggaran yang dipakai tidak berkorelasi mengurangi angka kemiskinan,"ungkapnya.


Berdasarkan data BPS Sumatera Selatan Tahun 2021 lalu, Kabupaten Musi Rawas termasuk daerah tingkat kemiskinannya tinggi se-Sumsel peringat 4, total penduduk 400.027 jiwa, dengan persentase tingkat kemiskinan 13.89%, atau mempunyai penduduk miskin 55.563 jiwa.


"Kenyataan dalam 2 tahun atau pada Tahun 2023 ini, angka kemiskinan menurun menjadi 13.34%, artinya hanya menurun 0.55% atau berkurang 305 jiwa,” ungkap Aktivis yang saat ini masih menempuh pendidikan Hukum Tata Negara ini, saat dihubungi Jum’at (10/02/2023).


Ia membandingkan, penurunan angka kemiskinan yang hanya 0.55% dengan porsi anggaran APBD, bantuan Pemerintah Pusat dan Bantuan gubernur yang triliunan itu sangat tidak signifikan.


“Setidaknya dengan porsi anggaran yang besar itu, tingkat kemiskinan Musi Rawas dibawah 10% lah (satu digit),” katanya.


Oleh sebab itu, Ia mempertanyakan efektifitas program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas. Ia menganggap gelontoran uang APBD itu tidak tepat sasaran atau justru elit yang merasakan manfaat kue APBD itu?


“Artinya saya nilai Bupati gagal membawa kesejahteraan bagi masyarakatnya,” pungkasnya. 


(Vhio)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dua Tahun Pimpin MURA, Ratna-Suwarti Gagal Turunkan Kemiskinan

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x