terkini

Ads Google

Brigadir Taruna Akpol Helena Fiorentina Raih Gelar Juara

Redaksi
12/14/23, 19:08 WIB Last Updated 2023-12-14T12:08:25Z



Kabaran International , Brigadir Taruna Akpol Helena Fiorentina meraih gelar juara dalam kompetisi esai The 10th session of the UNCAC Conference of the States Parties (CoSP10) di Amerika Serikat pada 11-15 Desember 2023.


Sebagai satu-satunya perwakilan dari Indonesia dalam acara tersebut, Brigadir Taruna Helena Fiorentina mempertegas peran penting kaum muda dalam menentang korupsi. Ia menyoroti bagaimana para orang dewasa dan penegak hukum bisa mendukung kaum muda dengan memberikan ruang yang aman agar mereka dapat mengemukakan aspirasi mereka.


Annika Whytes, Penasihat Anti-Korupsi Regional Asia Tenggara dan Pasifik UNODC, menyampaikan harapannya bahwa prestasi Taruna Akpol seperti Helena akan menginspirasi kaum muda di seluruh dunia. Kompetisi ini menyoroti keberanian kaum muda dalam mengakui dan melawan korupsi dengan tegas.


"Dalam masa depan, peran serta taruna akan menjadi pilar penting sebagai pemimpin bangsa dan menjadi panutan bagi yang lain di lingkungannya," ujarnya pada Kamis (14/12/23).


Helena berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi esai tersebut. Bersama dengan dirinya, tiga pemenang lainnya berasal dari akademi kepolisian Vietnam, Thailand, dan Filipina.


UNCAC di Atlanta, AS menjadi platform bagi taruna dari negara-negara Asia Tenggara untuk berpartisipasi dalam kompetisi esai ini yang membahas isu korupsi di Indonesia dan strategi penanganannya. Selain perwakilan dari Indonesia, kompetisi ini juga diikuti oleh perwakilan dari Filipina, Thailand, dan Vietnam.


Helena memilih tema yang membahas masalah korupsi yang krusial di Indonesia, dampaknya pada masyarakat, serta upaya yang dapat dilakukan oleh Taruna Akademi Kepolisian untuk mencegah korupsi.


"Motivasi saya mengikuti kompetisi ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris saya," ujarnya.


Selain menjadi juara, Helena juga menjadi salah satu pembicara dalam Youth Changemaker Event di Atlanta. Prestasi ini diharapkan juga akan mendukung Akpol menuju World Class Police Academy.


Kadiv Humas Polri, Irjen. Pol. Sandi Nugroho, menambahkan bahwa prestasi yang diraih oleh Brigadir Taruna Helena telah mengharumkan nama baik Korps Bhayangkara dan Indonesia. Ini menjadi teladan bagi Taruna Akpol dan anggota Polri lainnya.


"Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Taruna dan anggota yang telah berprestasi luar biasa," kata Jenderal Sigit, Kapolri Polri, yang telah menekankan pentingnya prestasi sebagai contoh bagi seluruh personel kepolisian dalam menjalankan tugasnya.







Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Brigadir Taruna Akpol Helena Fiorentina Raih Gelar Juara

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x