terkini

Ads Google

Mulai Senin Esok Masyarakat Sudah Bisa Daftar Untuk Vaksinasi Moderna

Redaksi
8/28/21, 16:43 WIB Last Updated 2021-08-28T09:43:22Z


Kabaran Kepulauan Meranti,
Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar didampingi Sekretaris Daerah Dr. H. Kamsol MM dan Kadiskes Meranti Dr. Misri Hasanto, melakukan sosialisasi penggunaan Vaksin Moderna untuk masyarakat di Kepulauan Meranti menggantikan Vaksin Sinovac yang selama ini digunakan, bertempat di Posko Satgas Covid-19 Kantor BPBD Meranti, Jalan Dorak, Sabtu (28/8/2021).


Turut hadir Wakapolres Meranti Kompol. Ipwin Hutabarat, Kepala BPBD Meranti H. Idris Sudin, Kabag Kominfo Meranti Wan Fachriarmi, Plt. Kadishub Azwan, Insan Pers, Tokoh Masyarakat dan lainnya.


Seperti diinformasikan Kepala Dinas Kesehatan Meranti Dr. Misri Hasanto, mulai Senin esok (30/8/2021), Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti akan menjalankan program Vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat dengan menggunakan Vaksin Moderna menggantikan Vaksin Sinovak yang selama ini digunakan.


Hal itu sesuai dengan program Pemerintah Pusat yang saat ini sudah mulai mendistribusikan Vaksin Covid-19 Moderna kesetiap daerah di Indonesia termasuk Kepulauan Meranti.



"Ya saat ini Vaksin Moderna telah datang dan akan kita salurkan kesetiap Faskes yang ada di Kecamatan," ujar Kadiskes Misri.


Lebih jauh dijelaskan Misri, penggunaan Vaksin Moderna ini  sengaja dilakukan oleh Pemerintah untuk menjawab kelemahan dari Vaksin Sinovac yang sesuai uji klinis kurang cocok digunakan pada ibu hamil dan orang yang memiliki penyakit bawaan (komorbit) tertentu. Sementara Moderna lebih aman digunakan oleh ibu hamil selain itu efek imunitas tubuh (Herd Immunity) yang dihasilkan oleh Moderna untuk menangkal Covid-19 di klaim lebih baik dari Vaksin Sinovac.



Namun bagi masyarakat yang sudah melakukan Vaksinasi pertama dengan menggunakan Sinovac pada Vaksinasi tahap kedua tetap akan diberikan merk Sinovac. Karena Vaksin Sinovac tidak bisa dicampur dengan Vaksin Moderna yang memiliki bahan baku berbeda.


"Bagi yang telah disuntik Sinovac untuk Vaksin kedua tetap menggunakan merk Sinovac karena kedua Vaksin ini memiliki bahan baku yang berbeda yang tentunya memiliki cara kerja berbeda didalam tubuh," jelas Misri.


Dari segi keamanan penggunaan Vaksin Moderna ini ditegaskan Kadiskes Misri sangat baik hanya saja dari pengalaman selama pelaksanaan di Provinsi Riau ada beberapa efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang mungkin ditimbulkan oleh Vaksin Moderna diantaranya adalah


1. Terjadinya demam reaksi dari tubuh akibat masuknya Vaksin untuk mengantisipasinya akan diberikan obat agar demam tidak berlanjut.

2. Sedikit nyeri disekitar lokasi suntikan.

3. Kemungkinan munculnya rasa mengantuk.


"Selain itu hanya Hoax..kepada masyarakat jangan khawatir disuntik dengan Vaksin Moderna," ucap Misri.


Sasaran dari Vaksin Moderna ini sama dengan Sinovac yakni prioritas Nakes, Pekerja Bidang Pelayan Publik, masyarakat usia 18 Tahun keatas, Manula dan terakhir remaja usia 12-17.


Bagi masyarakat Kabupaten Kep. Meranti yang belum melaksanakan Vaksinasi Covid-19 diminta segera melakukan Vaksinasi untuk mewujudkan Herd Immunity Covid-19 di Kepulauan Meranti, karena Vaksin Covid-19 sangat aman dan mampu mengurangi resiko fatal terhadap orang yang terpapar Covid-19.


Untuk pendaftaran Vaksin Covid-19 silahkan mendatangi Puskesmas yang ada di Kecamatan masing-masing nantinya petugas Nakes akan melaksanakan Vaksinasi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mulai Senin Esok Masyarakat Sudah Bisa Daftar Untuk Vaksinasi Moderna

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x