terkini

Ads Google

Semangat Patriotisme Masyarakat Suku Akit Pedalaman Meranti Ikuti Upacara Bendera HUT RI Ke 76 Bersama GBMN

Redaksi
8/17/21, 19:20 WIB Last Updated 2021-08-18T03:05:52Z



Kabaran Kepulauan Meranti, Setiap tanggal 17 Agustus menjadi hari bahagia bagi rakyat Indonesia dari sabang sampai merauke dimanapun mereka berada. Tak terkecuali bagi masyarakat yang tinggal dipedalaman kabupaten Kepulauan Meranti yakni masyarakat suku akit. Yang jauh akses dari pusat kota dan keramaian. Tepat hari selasa ini tanggal 17 Agustus 2021 disebuah perkampungan nerlang desa sungai tohor barat kecamatan tebing tinggi timur ada sebuah rumah sekolah SDN 07 lokal jauh Nerlang. Yang karena covid-19 menyebabkan sekolah ini juga berimbas tidak dilaksanakannya proses belajar mengajar. 

Pagi hari ini semngat anak muda yang tergabung dalam agenda baksos yang dilaksanakan oleh yayasan Gemar Berbagi Membangun Negeri (GBMN) bersama Yayasan Tabung wakaf Ummat (YTWU), Dewan Masjid Indonesia (DMI), Swadaya Ummah (SU),Dunia Melayu Dunia Islam(DMDI), Rohis Alfata Almuntazhar, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan yang lainnya bergerak sejak subuh hari dari kota selatpanjang menuju Nerlang dengan menggunakan kapal laut kempang. Setelah melalui perjalanan laut sampailah di pelabuhan nerlang dilanjutkan dengan perjalanan darat lebih dari satu jam perjalanan kaki sampailah ke SDN 07 Nerlang lokal jauh. Disni para peserta baksos disambut oleh warga masyarakat dan anak-anak. 

Dari pantauan media terlihat antusiasme masyarakat suku akit Pedalaman Meranti yang di nerlang mengantarkan anaknya kesekolah untuk mengikuti agenda upacara bendera dalam rangka peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76 tahun. 
Dalam pelaksanaan upacara bendera diiringi hujan gerimis yang mengguyur peserta upacara tidak sedikitpun membuat barisan bubar. Semangat patriotisme cinta NKRI yang mendalam ditampakkan oleh para peserta upacara tak terkecuali warga masyarakat suku akit nerlang. 

Yang bertindak sebagai inspektur upacara adalah ust. Dasuki ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kepulauan meranti. Menyampaikan tentang pentingnya menjaga nasionalisme dan patriotisme cinta Indonesia sejak dini. Meskipun tinggal didaerah yang terisolir tapi semangat untuk mencintai NKRI harga mati tidak boleh berhenti. 

"Dimasa pandemi seperti saat sekarang ini kita harus terus mensyukuri nikmat Tuhan yang sudah diberi. Nikmat kedamaian karena sudah merdeka dari penjajahan harus terus disyukuri, hari ini tugas kita adalah Mengisi kemerdekaan dengan menjaga persatuan dan kesatuan kemudian memberikan kontribusi terbaik buat kemajuan negeri sesuai kemampuan dan keahlian kita. Tak terkecuali terus mengasah peduli dengan berbagi kepada siapapun dan dimanapun " Terang ust. Dasuki yang juga wakil ketua DPD KNPI Meranti. 
Disisi lain ketua rombongan bakti sosial gemar berbagi membangun negeri (GBMN) Bung Armiyadi juga menerangkan bahwa agenda baksos di nerlang ini merupakan kelanjutan baksos yang sehari sebelumnya telah dilaksanakan di tanjung baru desa tanjung darul takzim kecamatan tebing tinggi barat. Menurut nya Mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut menjaga ketertiban dunia dan perdamaian abadi sudah menjadi amanah pendiri bangsa Indonesia yang harus diwariskan oleh generasi penerus. Karenanya menyambangi warga Pedalaman yang jarang mendapatkan sentuhan penyegaran baik dari bidang pendidikan kesehatan dan lainnya adalah hal keharusan untuk dilaksanakan. 

"Alhamdulillah kita sudah melakukan bakti sosial dipedalaman ini agenda yang ke 15 kali. Notabene kami dari mahasiswa Meranti yang kuliah di pekanbaru. Di perkuliahan kami diajarkan tentang tri Dharma Perguruan tinggi. Diantaranya adalah pengabdian masyarakat. Moment sekarang ini berbarengan peringatan HUT RI. Jadi kami ambil untuk berbagi mengasah peduli dengan pelaksanaan upacara bendera didaerah terisolir dan pembagian peralatan sekolah seperti tas, buku, alat tulis belajar, higentkit, tanaman kehidupan, pakaian dan juga sembako agar kami bisa lebih mensyukuri nikmat kemerdekaan dengan mengisinya menjadi anak bangsa yang peduli dengan berkontribusi tanpa henti". Ungkap Armiyadi ketua yayasan GBMN juga mahasiswa fakultas hukum universitas riau. 

Terlihat wajah gembira penuh haru dari masyarakat nerlang yang mengikuti upacara. 

"Kami sangat bahagia melihat langsung upacara kenaikan bendera ini. Semngat anak kami datang pagi ke rumah sekolah. Hari-hari kami tak pernah melihat anak kami se semangat hari ini karena mendengar akan ada tamu datang buat acara ini beginilah rasa bahagia kami dihadiri adik adik mahasiswa. Semoga tahun depan datang lagi ketempat kami". Ungkap Juna salah satu warga yang ikut upacara. 
Acara diakhiri dengan lomba anak anak dan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan menumbuhkan patriotisme dan foto bersama.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Semangat Patriotisme Masyarakat Suku Akit Pedalaman Meranti Ikuti Upacara Bendera HUT RI Ke 76 Bersama GBMN

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x