terkini

Ads Google

Pemprov Riau Kembangkan Tanaman Jagung

Sri Handayani
6/13/22, 22:58 WIB Last Updated 2022-06-13T15:58:02Z
Pemprov Riau Kembangkan Tanaman Jagung


Kabaran Ekonomi, - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengembangkan tanaman jagung pada lahan seluas 2.000 hektare di Kampar Kiri Kabupaten Kampar guna memenuhi kebutuhan pangan pengganti beras.


"Saya sudah minta Pak Murod Kadis LHK Riau untuk mengecek lokasi. Lahan seluas 2.000 hektare itu akan ditanami jagung oleh kelompok tani. Mudah-mudahan kita bisa menanam setidaknya 2.000 hektare jagung di sana untuk tahap awal," kata Gubernur Riau Syamsuar di Pekanbaru dikutip Antaranews Senin (13/6/2022).


Dia mengatakan, melalui program pengembangan tanaman bahan pangan pokok dalam upaya diversifikasi pangan itu, jagung juga merupakan pakan ternak yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhan jagung untuk Riau dan Sumatera Barat (Sumbar).


Selain menambah nilai ekonomis bagi petani, katanya, hasil panen jagung ini untuk memenuhi permintaan kebutuhan jagung dari Sumbar.


"Riau dan Sumbar memiliki hubungan kerja sama simbiosis mutualisme, Riau mengirim jagung untuk membantu kebutuhan pakan ternak di Sumbar, sebaliknya Riau juga memerlukan pasokan produk pertanian lainnya dari Sumbar seperti beras dan sayuran," katanya.


Kepala Dinas LHK Riau, Mamun Murod mengatakan total lahan yang telah disiapkan untuk tanaman pangan ini mencapai 6.000 hektare di Kampar Kiri dan sudah dilaporkan ke Gubernur Riau Syamsuar.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemprov Riau Kembangkan Tanaman Jagung

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x