terkini

Ads Google

Jaga Jogja Dari Sampah

Redaksi
8/17/22, 07:53 WIB Last Updated 2022-08-17T00:53:45Z


Kabaran Jogjakarta,- Permasalahan sampah di DIY saat ini masih harus menjadi perhatian yang sangat serius dari berbagai entitas, baik itu pemerintah, private sektor, hingga civil society. 


Pasalnya gundukan sampah yang menggunung di Piyungan saat ini, bukan sebab pengelolaan yang tidak tepat saja, tapi mindset masyarakat tentang pengelolaan sampah pun turut menjadi variabel dalam kesuksesan pembenahan lingkungan. 


Maka masalah Piyungan adalah masalah seluruh entitas, semua harus terlibat sesuai dengan kemampuannya. 


Menurut Ketua KAMMI DIY, Abdul Rais Kaharudin, ia berpendapat bahwa ada beberapa solusi yang bisa dilakukan pemerintah untuk mengurai permasalah ini.


 " Menurut saya ada dua solusi yg perlu dilakukan pemerintah untuk mengurai persoalan TPST Piyungan, yang kita tahu sudah overload operasionalnya dari tahun yang lalu. Pertama adalah solusi jangka pendek. Yaitu mendengarkan aspirasi masyarakat sekitar TPST Piyungan yang menginginkan agar TPST ditutup permanen. Jika harus berlanjut, yang terpenting adalah perlu diperhatikan bagaimana pengelolaan lindi dan drainase utk warga sekitar TPST. Kedua adalah solusi jangka panjang, yaitu edukasi masyarakat DIY untuk memilah dan mengelola sampah mulai dari rumah masing-masing melalui bank sampah. Kemudian harus memikirkan solusi untuk pemrosesan akhir di TPST agar persoalan sampah tidak terulang lagi seperti sekarang."pungkasnya.


Informasi

Departemen Kajian Strategis

Shahib Anshari Muhajir

085877153125


#Indonesia #DaruratSampah #JagaJogja #Viralindonesia #reels #reelsviral #indonesia #merdeka #harikemerdekaan #kemerdekaanindonesia #viralpost #viraltiktok #viralvideo #viralreels #merdekapikiran #viralindo #viralvideos #selamatkanlingkungan #pedulilingkungan

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jaga Jogja Dari Sampah

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x