terkini

Ads Google

Tersangka Pembunuhan Putri Pj Gubernur Papua Pegunungan Berhasil Ditangkap Polisi

Redaksi
5/22/23, 22:55 WIB Last Updated 2023-05-22T15:55:01Z



Kabaran Semarang, - Polisi telah berhasil menangkap pelaku pembunuhan ABK (16), putri PJ Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo di kos Semarang, Jawa Tengah.


Melansir dari Tribunnews, Sosok pelaku pembunuhan ABK diketahui berinisial AN (22).


Pelaku pembunuhan ABK ternyata merupakan seorang mahasiswa Perguruan Tinggi (PT) di Semarang. Hal ini diungkapkan Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar saat jumpa pers, Senin (22/5/2023).


“Tersangka dengan inisial AN (22), pekerjaan mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Semarang, Fakultas Ekonomi,” ujar Kapolrestabes.


Antara tersangka dan ABK baru pertama kali bertemu yaitu pada hari saat korban meninggal.Tersangka inilah yang mengajak korban ke Kos Venus.


Tersangka sudah menyiapkan miras di lokasi sebelum bertemu dengan korban. Diberitakan sebelumnya, ABK (16) remaja asal Papua tewas dalam kondisi tak wajar di rumah sakit Semarang.


Ia sempat alami kejang-kejang sebelum meninggal dunia. Selain itu, ditemukan luka lecet di tubuh korban.


“Masih autopsi, belum tahu (penyebab kematian),” ujar Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar, Jumat (19/5/2023). Korban ditemukan dalam kondisi tak berdaya di rumah kos Venus Jalan Pawiyatan Luhur, Banyumanik, Kota Semarang, Kamis (18/5/2023) malam.


Korban lalu dilarikan ke rumah sakit Elizabeth Semarang oleh beberapa saksi. Korban alami kejang-kejang lalu meninggal dunia di rumah sakit.


Dokter yang menangani korban curiga dengan kondisi korban. Mendapatkan laporan tersebut, polisi mendatangi rumah sakit. Pemeriksaan luar dari dokter ditemukan luka lecet di tubuh korban.


Kasat Reskrim Polrestabes Semarang, AKBP Donny Lombantoruan mengungkapkan, kasus itu masih dilakukan penyelidikan. Sejauh ini, ada tiga orang yang sudah diperiksa.


Mulai dari orang yang orang mengajak korban ke kos tersebut hingga saksi yang membawa korban ke rumah sakit. Beberapa barang bukti juga sudah diamankan antara lain sejumlah botol minuman keras berbagai jenis.


“Ada miras anggur merah dan kawa-kawa,” bebernya.


Proses autopsi masih dilakukan di RSUP dr. Kariadi Semarang. Keluarga korban telah menempuh jalur hukum terhadap kasus tersebut.


“Pihak Ibu (korban) melakukan pelaporan polisi,” ungkapnya.


Korban yang merupakan kelahiran sorong itu disebut putri dari Penjabat (Pj) Gubernur Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo. Dimakamkan di Purwodadi


Jenazah ABK (16), putri Pj Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo yang tewas mencurigakan di sebuah kos di Kota Semarang dimakamkan di pemakaman Katolik Desa Jatiharjo, Purwodadi, Grobogan,Sabtu (20/5/2023).


Sebelum dibawa ke Purwodadi, jenazah dilakukan prosesi pemberkatan di rumah Nikolaus di Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang. Siswi kelas 10 dari SMA Negeri di kota Semarang itu diantar ke Purwodadi oleh para keluarga dengan kawalan polisi.


Terpisah, Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar mengatakan,ada dugaan kekerasan seks terhadap korban.


Pihaknya kini masih menunggu kesimpulan tim forensik.”Ada dugaan kekerasan seks,” ucapnya.


Pemeriksaan forensik sudah dilaksanakan polisi hanya saja masih membutuhkan pemeriksaan lanjutan terkait pemeriksaan mikrobiologi, patologi dan toksikologi.


Tiga item tersebut masih menunggu waktu dari tim kedokteran untuk memberikan kesimpulan.


“Diduga mati lemas, mati lemas karena apa, makanya akan ditindaklanjuti dengan uji tiga item tadi,” tandasnya.


Sebelumnya, ABK tewas pada Kamis (18/5) malam. Ia sempat dibawa ke RS Elisabeth dari rumah kos di Jalan Pawiyatan Luhur Ngisor, Banyumanik, Kota Semarang.


Polisi hingga kini masih menyelidiki terkait tewasnya ABK. Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Donny Lombantoruan mengatakan, sudah memeriksa tiga saksi terkait kasus ini.


“Yang diperiksa tiga orang yang mengajak ke kos dan mengantarkan ke rumah sakit,” bebernya.


Polisi mengamankan pula kamar kos yang diduga menjadi lokasi kejadian. Garis polisi masih dipasang. Barang bukti seperti beberapa botol minuman keras sudah diamankan.


Di tubuh korban terdapat luka goresan sehingga mayatnya dilakukan autopsi.


(Yar/Sis)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tersangka Pembunuhan Putri Pj Gubernur Papua Pegunungan Berhasil Ditangkap Polisi

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x