terkini

Ads Google

Bupati Adil Hadiri Acara Perjanjian Kerja Sama 3 Lembaga Serta Launcing Aplikasi E-ADIL

Redaksi
2/15/22, 11:38 WIB Last Updated 2022-07-07T03:39:09Z




Kabaran Meranti, Bupati Meranti H Muhammad Adil SH Lakukan Perjanjian Kerjasama Antara PA Selatpanjang Dengan Diskucapil dan Kemenag Meranti dan Louncing Inovasi E Adil (Elektronik Keadin Sinovac (Sistem Informasi Validasi Akta Cerai) di Ruang Rapat Pegadilan Agama.(15/02/2022)



Turut hadir dalam acara tersebut Kakan Kemenag H Sulman, Sekda Meranti Bambang Suprianto, Ketua PA H Muhammad Mu'min SHI MH, Kadis Capil Khairul S AP, Kapolres Meranti di Wakil, Danramil 02 Suratno, Dansposal diwakili Zulfakri.



Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Zulfan dan Pembacaan Doa oleh H Sulman. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua Pengadilan Agama Selatpanjang Mu'min mengatakan bahwa E Adil ini adalah aplikasi yang sangat memudahkan bagi masyarakat yang berbepakara setelah selesai maka akan keluar akte cerai, sementara aplikasi Sinovac berfungsi untuk mendeteksi akte cerai ini asli atau palsu.



Untuk apa kami melakukan semua ini hal tersebut bertujuan untuk melakukan trobosan dan Alhamdulillah kerja kita di akui Kemepan RB dan mendapatkan sertifikat bebas korupsi dari BPK dan ini adalah suatu kebanggaan. Kami sangat sadar dibalik prestasi ada tagung jawab dan salah satu faktor kerja sama seluruh anggota pengadilan agama.




"Tak lama lagi PA dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti akan melakukan kerja sama dengan Diskucapil dan ini merupakan kegiatan 3 lembaga untuk melaksanakan kegiatan data kependudukan. Alhamdulillah karna konsenya Bupati hingga persiapan melakukan pendataan KTP dan lainya siap dalam satu hari", kata Muhammad Mu'min.



Kemudian Bupati Meranti H Muhammad Adil SH langsung menyasikan perjanjian kerja sama antara 3 lembaga yaitu Pengadilan Agama, Dinas Kependudukan Cacatan Civil dan Kementerian Agama.



Selanjutnya Bupati Meranti H Muhammad Adil SH mengatakan dalam acara tersebut bahwa, Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti kami mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Pengadilan Agama Selatpanjang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Meranti yang telah membantu pemerintah dalam menciptakan aplikasi E-ADIL dan SINOVAC untuk masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti.




Inovasi E-ADIL adalah inovasi berbasis aplikasi yang bertujuan untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti dalam memperoleh akta cerai, KTP, KK, dan akta kelahiran. Sebab, dengan kemajuan dan kecanggihan teknologi, maka perubahan data kependudukan secara cepat akan dapat terwujud. Pengadilan Agama Selatpanjang bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Meranti menyadari hal tersebut sebagai peluang dan tantangan untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.



Untuk mewujudkan peluang dan menjawab tantangan tersebut, maka Pengadilan Agama Selatpanjang bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Meranti menghadirkan inovasi berbasis aplikasi yang bernama E-ADIL (Elektronik Keadilan) dan menghadirkan inovasi baru dengan nama Sinovac (Sistem Informasi Validasi Akta Cerai).


Pengadilan Agama Selatpanjang bersama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Meranti juga melahirkan inovasi berbasis aplikasi yang bernama SINOVAC (Sistem Informasi Validasi Akta Cerai) untuk memastikan kebenaran dokumen kenegaraan dalam bentuk akta cerai sebab, tidak dapat dipungkiri bahwa dengan kemajuan dan kecanggihan tekhnologi saat ini, maka terjadinya tindakan pidana dalam bentuk pemalsuan dokumen kenegaraan sangat mudah dilakukan.



Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka Pengadilan Agama Selatpanjang bersama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Meranti berada di wilayah lintas yang batas Negara Kesatuan Republik Indonesia menghadirkan inovasi berbasis aplikasi yang bernama SINOVAC (Sistem Informasi Validasi Akta Cerai). 



"Harapan kami dengan dilaunchingkannya aplikasi ini, kita mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti sehingga daerah kita Juga mampu menjadi daerah yang maju kedepannya", ungkapnya H Muhammad Adil SH.



"Harapan saya kepada Sekda Meranti agar menyiapkan angaran untuk membuat akte nikah bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, terkait sidang isbat kalau bisa langsung turun dari desa ke desa karna program pemerintah ketuk pintu layani dengan hati", akhirnya H Muhammad Adil SH.



Selanjutnya acara di akhiri dengan sesi foto bersama dengan membawa sertifikat yang sudah bertanda tangan.(ADV)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Adil Hadiri Acara Perjanjian Kerja Sama 3 Lembaga Serta Launcing Aplikasi E-ADIL

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x