terkini

Ads Google

Resmikan Diklat BST Kapal Layar Motor, Bupati : Pemberdayaan Masyarakat Ini Penting

Redaksi
2/14/22, 17:06 WIB Last Updated 2022-02-14T10:06:26Z



Kabaran Meranti, Guna meningkatkan SDM masyarakat meranti, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, taja Diklat Basic Safety Training (BST) Kapal Layar Motor (KLM) dan SKK 60 Mil Tahun 2022 di Lapangan Afifa Futsal, Senin (14/02/2022).


Kepala STIP Jakarta Jaya Alamsyah mengatakan bahwa tujuan acara ini untuk meningkatkan SDM Meranti dan menambahkan wawasan serta keterampilan masyarakat Meranti.


"Saya ucapkan terima kasih kepada pihak yang telah bekerja sama, sehingga acara ini berjalan dengan lancar. Kemudian juga kepada pemerintah daerah saya ucapkan kembali terima kasih karena telah mendukung acara ini hingga terselenggaranya diklat ini"ungkapnya.


Pada kesempatan itu, Bupati Meranti H Muhammad Adil, SH mengapresiasi kegiatan ini, mengingat wilayah geografis Kepulauan Meranti yang dikelilingi oleh Lautan.


"Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menyambut baik dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap pelaksanaan kegiatan Diklat Basic Safety Training (BST) ini karena pelaksanaan diklat pemberdayaan masyarakat ini sangat penting untuk di laksanakan, mengingat Meranti merupakan wilayah kepulauan yang masyarakatnya bekerja dan menggantungkan hidupnya di laut" Kata Bupati.


Banyaknya kapal motor di Meranti akan membuka peluang kerja yang sangat menjanjikan dan banyak diminati oleh masyarakat Meranti. Namun karena alasan ekonomi banyak masyarakat yang bekerja dilaut tidak mengantongi sertifikat, hal ini tentunya menimbulkan masalah baru, untuk itu dengan adanya diklat BST yang difasilitasi oleh Kementerian Perhubungan RI bersama Sekolah Tinggi llmu Pelayaran Jakarta, menurutnya  ini sangat bagus.


"Saya mengucapkan terimakasih dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan berharap dengan adanya pelatihan ini menjadi solusi atas masalah yang dihadapi para pelaut yang ada di Meranti. Dan Alhamdulillah kegiatan Diklat ini dapat kita laksanakan lagi di tahun 2022 ini dan saya berharap kegiatan ini akan berlanjut di tahun-tahun mendatang Hadirin yang saya banggakan Kegiatan Diklat Basic Safety (BST) ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan peserta, terlebih dalam bidang Basic Safety Training (BST), yaitu pelatihan dasar-dasar keselamatan untuk antisipasi akan adanya hal bahaya diatas kapal, untuk mewujudkan tenaga kerja professional dibidang pelayaran" lanjutnya. 




Untuk diketahui bersama Konvensi Internasional tentang standart of training, certification dan watchkeeping (STCW), mensyaratkan bahwa setiap pelaut harus menjalani program pengenalan dan pelatihan dasar keselamatan yang meliputi pengetahuan dasar menghadapi kebakaran, pertolongan pertama tingkat dasar, teknik mempertahankan hidup dan keselamatan pribadi serta tanggung jawab sosial Pelatihan ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa pelaut menyadari dan memahami akan bahaya bekerja di laut (kapal) dan dapat merespon dengan tepat dalam keadaan darurat. Dan setelah pelatihan ini selesai nantinya peserta akan dibekali Surat Keterangan Kecakapan (SKK) sebagai bekal para peserta dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang pelaut.


" Dalam rangka upaya menciptakan SDM yang berkualitas di bidang transportasi laut sebagaimana yang di amanatkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2012 tentang SDM di Bidang Transportasi, Diklat Pemberdayaan Masyarakat Basic Safety Training (BST) ini merupakan upaya yang sangat tepat serta sangat di butuhkan oleh masyarakat maritim di Kabupaten Kepulauan masyarakat Meranti" Bupati menegaskan. 


KI
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Resmikan Diklat BST Kapal Layar Motor, Bupati : Pemberdayaan Masyarakat Ini Penting

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x