terkini

Ads Google

Plt Wali Kota Cimahi ajak Masyarakat Menjaga Kedamaian di Momen Hari Raya Nyepi

Sri Handayani
3/04/22, 13:52 WIB Last Updated 2022-03-04T06:52:29Z
Plt Wali Kota Cimahi ajak Masyarakat Menjaga Kedamaian di Momen Hari Raya Nyepi



Kabaran Kota Cimahi, - Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana menghadiri upacara Tawur Agung Kesanga menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 di Pura Agung Wira Loka Natha Jln. Sriwijaya Kota Cimahi, Rabu (2/3/2022) petang.


Kegiatan digelar dengan protokol kesehatan ketat mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19.


Pada pelaksanaan Nyepi, umat Hindu menghentikan semua kegiatan dan berdiam diri di rumah masing-masing mulai Kamis (3/3/2022) pukul 6.00 WIB-Jumat (4/3/2022) pukul 6.00 WIB.


Selama Nyepi, umat Hindu tidak boleh menyalakan api, tidak boleh bepergian, tidak boleh bekerja, tidak boleh mencari kesenangan selama 24 jam.


Ngatiyana mengatakan, dalam pelaksanaan upacara tawur agung kesanga pihaknya berharap masyarakat di Kota Cimahi selalu damai termasuk dalam menyambut pelaksanaan catur brata penyepian.


"Semoga setelah dilaksanakannya upacara tawur agung kesanga ini, kedamaian yang selalu kita harapkan senantiasa hadir untuk kita semua sesuai dengan ajaran tri hita karana," ujarnya.


Dia mengajak semua pihak dapat turut menjaga kesucian dan keheningan hari suci nyepi sehingga pelaksanaan catur brata penyepian bisa dilaksanakan dengan baik dan khidmat dalam suasana toleransi beragama yang tinggi.


"Melalui momentum hari suci nyepi, mari kita sama-sama meningkatkan srada bhakti dan memohon kepada ida sang hyang widhi wasa agar harapan kita semua dapat tercapai," ungkapnya.


Ngatiyana pun mengajak umat Hindu ikut menjaga toleransi kehidupan beragama di Kota Cimahi.


"Selamat menjalankan Nyepi bagi Umat Hindu, semoga menjadikan aman damai dan toleransi dikedepankan. Kehadiran saya ditengah umat Hindu juga untuk menyampaikan hal tersebut, mudah-mudahan semua dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa," katanya.


Pihaknya juga menghimbau masyarakat dan mengajak menjaga protokol kesehatan serta melaksanakan vaksinasi guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 ini.


"Semoga yang maha kuasa segera mengambilnya kembali sehingga pandemi dapat segera berakhir dan kondisi kembali normal," tuturnya.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Plt Wali Kota Cimahi ajak Masyarakat Menjaga Kedamaian di Momen Hari Raya Nyepi

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x