terkini

Ads Google

Joni Mitchell: Musik Menarik Bagi Saya

Sri Handayani
4/03/22, 10:00 WIB Last Updated 2022-04-03T03:00:37Z

Joni Mitchell menerima penghargaan kehormatan selama Gala Tahunan MusiCares Person of the Year ke-31, di Las Vegas, Nevada, AS 1 April 2022. Sumber foto: REUTERS


Kabaran Las Vegas, - Penyanyi-penulis lagu Joni Mitchell, yang menerobos hambatan gender pada 1960-an dan 1970-an untuk membantu menentukan era, bernyanyi di atas panggung untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun di sebuah penghormatan musik untuk hidupnya oleh seniman yang mencakup genre dan generasi.

 

Musisi termasuk John Legend, Cyndi Lauper, Beck, Mickey Guyton dan Brandi Carlile menampilkan favorit dari katalog Mitchell di gala penggalangan dana tahunan MusiCares sebelum Grammy, yang diadakan tahun ini di Las Vegas.

 

Setelah tiga jam pidato dan pertunjukan yang menyentuh hati, Mitchell berdiri di atas panggung di sebuah ballroom MGM Grand jelas kewalahan.

 

"Itu adalah malam musik yang menarik bagi saya, mendengar musik saya dibawakan dengan sangat baik oleh semua orang yang ada di atas panggung," katanya.

 

"Saya tidak tahu harus berkata apa lagi. Saya tidak ingin mengatakan bahwa saya merasa terhormat. Itu sudah jelas,"

 

Mitchell kemudian menggetarkan penonton dengan bergabung dengan beberapa penampil untuk bernyanyi bersama "The Circle Game dan Big Yellow Taxi. "Menjelang akhir lagu kedua, grup tersebut terdiam untuk membiarkannya menyelesaikannya sendiri dengan lirik ikonik, "...and up a parking lot,"

 

Musisi kelahiran Kanada, 78, tidak menonjolkan diri sejak bekerja untuk pulih dari aneurisma otak pada 2015 yang membuatnya tidak dapat berbicara atau berjalan. Pada hari Jumat, dia berjalan dengan tongkat, yang dia ketuk mengikuti musik.

 

MusiCares, badan amal dari Recording Academy, menggalang dana untuk membantu musisi yang berjuang dengan kesehatan dan masalah lainnya. Kelompok itu mengatakan bahwa mereka menghormati Mitchell sebagai Person of the Year karena karya kreatif, filantropi, dan ketahanannya.

 

Mitchell, yang lirik multidimensinya tentang konflik bergema dengan pendengar, dianggap sebagai salah satu penyanyi-penulis lagu paling berpengaruh di era Woodstock.

 

Mitchell masuk ke industri yang didominasi oleh laki-laki dan menjual jutaan album, termasuk Clouds, Ladies of the Canyon dan Blue.

 

Lauper ingat pernah mendengar musik Mitchell ketika dia berusia 15 tahun. "Saya belum pernah mendengar orang bernyanyi begitu intim tentang bagaimana rasanya menjadi seorang wanita muda yang menavigasi dunia ini," kata Lauper.

 

Porter, yang menyanyikan lagu Both Sides, Now versi lambat dan penuh perasaan, menyebut Mitchell "sebuah gerakan sendirian.

 

Menjelang acara tersebut, Mitchell mengatakan kepada Reuters di karpet merah bahwa itu adalah "waktu yang luar biasa" baginya setelah "Blue" mencapai No 1 di tangga lagu iTunes tahun lalu, 50 tahun setelah dirilis.

 

Both Sides, Now juga ditampilkan dalam adegan mengharukan dalam pemenang film terbaik Oscar CODA, yang dinyanyikan oleh bintang Emilia Jones.

 

"Ini waktu yang sangat menyenangkan," kata Mitchell. "

 

“Generasi ini sepertinya mendapatkan pekerjaan saya lebih dari generasi saya sendiri,"

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Joni Mitchell: Musik Menarik Bagi Saya

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x