terkini

Ads Google

Jokowi Undang Vladimir Putin Untuk Hadiri KTT G20 di Indonesia

Sri Handayani
6/28/22, 11:42 WIB Last Updated 2022-06-28T04:42:08Z
Jokowi Undang Vladimir Putin Untuk Hadiri KTT G20 di Indonesia


Kabaran Dunia, - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), yang menjadi tuan rumah pertemuan tahun ini, telah mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menghadiri KTT G20 di Indonesia November ini di Bali.


Sementara beberapa pemimpin Barat menuntut pengusiran Rusia dari acara tersebut, Kremlin mengumumkan pada Senin (27/6/2022).


Pembantu presiden Rusia Yuri Ushakov mengumumkan kehadiran Putin, tetapi mengatakan kepada wartawan bahwa masih belum jelas dalam kapasitas apa pemimpin Rusia itu akan berpartisipasi. 


“Saya berharap pandemi akan memungkinkan forum penting ini diadakan secara langsung, tetapi saya tidak dapat menebaknya,” kata Ushakov.


KTT G20 menyatukan para pemimpin dari 20 ekonomi terbesar dunia, dengan perwakilan dari Uni Eropa juga hadir bersama kepala negara Eropa, dan beberapa organisasi internasional, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Organisasi Kesehatan Dunia, mendapat undangan tamu setiap tahunnya.


Presiden AS Joe Biden meminta Widodo, pada bulan Maret, untuk mengecualikan Putin dari pertemuan tahun ini.


Sementara Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyatakan, "Jika Vladimir Putin duduk di sekitar meja berpura-pura bahwa semuanya baik-baik saja. Karena itu tidak baik dan itu salahnya," kata Justin.


Namun, Presiden Joko Widodo tidak menyerah pada kampanye tekanan dan mengundang Putin seperti yang direncanakan.


Pemimpin Indonesia juga telah meminta Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk melakukan perjalanan ke Bali pada bulan November.


Dalam sebuah postingan di Twitter Presiden Indonesia Jokowi mengatakan bahwa ia bertujuan untuk menghadiri KTT G7 di Jerman sebagai tamu akhir pekan ini.


Ia akan melakukan perjalanan ke Kiev dan Moskow untuk bertemu dengan Zelensky dan Putin, “Saya mengundang kedua pemimpin untuk membuka dialog dan menghentikan perang," tulis Jokowi di akun Pribadinya Minggu (26/6/2022).


Namun, usahanya bisa sia-sia. Sejak awal konflik pada bulan Februari, Zelensky telah beralih antara menyerukan pembicaraan dan bersumpah untuk merebut republik Donbass dan Krimea dengan paksa. 


Dengan para pemimpin G7 yang diduga berjanji untuk menjaga Ukraina tetap bertahan, Zelensky mengatakan kepada seorang diplomat Prancis selama akhir pekan.


“Selama yang dibutuhkan akan bernegosiasi ketika dia akan berada dalam posisi," ucap Zelensky.


Sementara Rusia tidak mengesampingkan kembalinya ke meja perundingan, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov telah menyatakan bahwa pernyataan yang saling bertentangan, 


Zelensky membuatnya tidak mungkin untuk sepenuhnya memahami niat [Kiev] dan apakah mereka siap untuk mengambil pendekatan yang bijaksana dan mengakui keadaan sebenarnya.


Editor: Bd20

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jokowi Undang Vladimir Putin Untuk Hadiri KTT G20 di Indonesia

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x