terkini

Ads Google

Tunda Pemilu, AHY Sebut Indonesia Banana Republic

Redaksi
3/15/23, 07:48 WIB Last Updated 2023-03-15T00:48:53Z

 


Jakarta,- Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Ketua Umum Partai Demokrat mengkhawatirkan dunia akan memandang indonesia sebagai banana republic atau republic pisang.


Istilah banana republic diciptakan penulis asal Amerika Serikat, O Henry untuk merujuk negara-negara yang dipimpin oleh oligarki dan diktaktor.


Hal tersebut ditegaskan AHY jika di Indonesia terjadi penundaan Pemilu. Dikatakan AHY, penundaan pemilu akan membuat buruk citra Indonesia di dunia.


"Saya khawatir dunia akan melihat indonesia sebagai banana republic, karena semua pejabat negara menduduki kursi kekuasaan tanpa pemilu yang demokratis," ujar AHY dalam pidato politik di Tennis Indoor Senayan, Selasa (14/03).


AHY mempertanyakan apabila ada penundaan pemilu maka apakah akan ada Plt presiden hingga Plt DPR. Ia menegaskan tanpa ada pemilu maka pemimpin negara tidak punya legitimasi dan tidak sah.


"Tapi tidak punya legitimasi yang kuat sehingga kekuasaan yang dimilki tidak sah dan juga tidak halal," ujar AHY.


AHY menegaskan konstitusi telah memerintahkan Pemilu tiap lima tahun sekali. Hal itu mutlak harus dilakukan.


"Karena perintah konstitusi pemerintahan saat ini akan mengakhiri masa tugasnya pada tanggal 20 Oktober 2024. Pertanyaannya begini apa iya ada plt presiden?" ujarnya.


KI

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tunda Pemilu, AHY Sebut Indonesia Banana Republic

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x