terkini

Ads Google

Apakah yang Sudah Dapat KIP Kuliah Bisa Daftar Beasiswa Unggulan?

Sri Handayani
8/15/23, 03:02 WIB Last Updated 2023-08-14T20:02:27Z

Kabaran Jakarta, - Apakah yang sudah dapat KIP Kuliah bisa daftar Beasiswa Unggulan? Ini sering menjadi pertanyaan mahasiswa baru yang sudah memegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Pendaftaran program Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek sudah dibuka sejak 3 hingga 17 Agustus 2023.

Program Beasiswa Unggulan diperuntukkan kepada pegawai Kemendikbud Ristek, masyarakat berprestasi dan penyandang disabilitas.

Lantas, apakah yang sudah dapat KIP kuliah bisa daftar Beasiswa Unggulan?

Mahasiswa wajib simak jawaban berikut ini. Apakah yang Sudah Dapat KIP Kuliah Bisa Daftar Beasiswa Unggulan?

Beasiswa Unggulan merupakan program pemberiaan biaya pendidikan dari pemerintah Indonesia kepada putra putri terbaik bangsa yang dihelat sejak 2006.

Beasiswa Unggulan menyasar masyarakat Indonesia yang berprestasi baik di bidang akademik atau nonakademik tingkat internasional dan/atau nasional dan/atau memiliki kontribusi kepada daya saing bangsa di segala bidang.

Adapun jenjang pendidikan yang tersedia antara lain sarjana (S1), magister (S2), dan doktoral (S3) dan terbuka peluang untuk kuliah di perguruan tinggi di dalam negeri yang telah terakreditasi paling rendah B/Baik Sekali dan pada program studi terakreditasi paling rendah B/Baik Sekali atau perguruan tinggi luar negeri yang diakui Kemendikbud Ristek.

Jadi, apakah mahasiswa yang sudah memperoleh KIP kuliah bisa mendaftar beasiswa unggulan?

Pada prinsipnya, tidak ada aturan yang membatasi mahasiswa yang sudah memegang KIP kuliah untuk mendaftar beasiswa unggulan.

Namun, hal ini masih tergantung pada persyaratan yang ditetapkan oleh masing-masing program beasiswa unggulan.

Setiap program beasiswa unggulan mungkin memiliki kriteria dan persyaratan yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, pada program Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek, persyaratan untuk mendaftar adalah memiliki prestasi akademik yang baik, memiliki kegiatan ekstrakurikuler atau non-akademik yang diakui, serta memiliki kontribusi yang membantu daya saing bangsa.

Jadi, jika mahasiswa yang sudah memperoleh KIP kuliah juga memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh program beasiswa unggulan yang ingin didaftarinya, maka mahasiswa tersebut dapat mencoba mendaftar.

Namun, tentunya mahasiswa juga perlu memeriksa persyaratan dan informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa yang ingin diikuti.

Hal ini penting karena setiap program beasiswa unggulan mungkin memiliki persyaratan khusus yang harus dipenuhi, dan kemungkinan besar ada persaingan yang ketat dalam mendapatkan beasiswa tersebut.

Mahasiswa juga disarankan untuk mengikuti petunjuk dan panduan pendaftaran dari penyelenggara program beasiswa unggulan yang bersangkutan.

Jadi, meskipun sudah memperoleh KIP kuliah, mahasiswa tetap harus memenuhi persyaratan dan prosedur pendaftaran dari program beasiswa unggulan yang diinginkan.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud Ristek, Abdul Kahar menyampaikan bahwa mahasiswa yang sudah menerima fasilitas KIP Kuliah tidak bisa mendaftar Beasiswa Unggulan.

Penjelasan di atas mengklarifikasi bahwa mahasiswa yang telah menerima KIP Kuliah tidak dapat mendaftar Beasiswa Unggulan.

Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada orang lain yang belum mendapatkan bantuan pendidikan dari pemerintah.

Penerima KIP Kuliah tetap dapat mendaftar beasiswa lain dengan catatan, sumber dana beasiswa tersebut berbeda dengan KIP Kuliah.

Semoga penjelasan ini berguna bagi pembaca.

Editor: Mas Bons
Pewarta: Warsono
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Apakah yang Sudah Dapat KIP Kuliah Bisa Daftar Beasiswa Unggulan?

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x