terkini

Ads Google

Bupati Meranti HM Adil Buka Secara Resmi MTQ Ke-22 Tingkat Kecamatan

Redaksi
2/01/22, 23:39 WIB Last Updated 2022-02-01T16:39:47Z

 



Kabaran Meranti, Bupati Meranti H Muhammad Adil SH Buka Secara Resmi Kegiatan MTQ ke-22 Tingkat Kecamatan Rangsang Tahun 2022 di Halaman Gedung Serba Guna, Pada Selasa Malam (01/02/2022).


Camat Rangsang Tunjiarto mengatakan dalam sambutannya bahwa acara MTQ ke-22 ini akan berlangsung sampai hari Sabtu mendatang.


" Alhamdulillah terima kasih kepada Bupati Meranti H Muhammad Adil SH telah hadir bersama rombongan serta Forkopimda. Mudah-mudahan acara ini bisa berjalan dengan sukses, untuk informasi acara berlangsung sampai hari Sabtu sekalian pembangian hadiah kepada para peserta jangan begadang diharapkan betul-betul serius dalam mengikuti pertandingan ini, dan jika ada pelayanan kurang baik dari kami sekiranya bisa di maafkan," kata tunjiarto.



Turut hadir dalam acara tersebut Sekda Meranti Bambang Suprianto, Sekwan Hambali, PLT Kadis PU Mardiansyah, PLT Kadis PMD Jhon, Kapolres Meranti di Wakili Kabag Ren Ali Azhar, Danramil 02, Camat Rangsang, DPRD Meranti Boby, AT Taufiek, H Fauzi Hasan, PLT Kadis Perhubungan Ginting, Asisten I Sekdakab, Kadinskes Meranti M Fahri, PLT Kabag Umum Alfian, Danposal Selatpanjang, PLT Kasat Pol-PP, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama, Kemenag Meranti H Sulman, Ketua MUI Kabupaten, PLT Kadis Pendidikan Rosita, Kabag Kesra Hasan, Penasehat LAM Rangsang, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas.



Kemudian Bupati Meranti H Muhammad Adil SH mengatakan bahwa  agenda rutinan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Al-Qur'an.


"Malam ini, kita berada disini, untuk menghadiri Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kecamatan rangsang ke-22 Tahun 2022. Musabaqah ini secara rutin kita selenggarakan setiap tahunnya untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Al-Quran serta menjaring para qori dan qori'ah yang selanjutnya akan mengikuti MTQ di tingkat Kabupaten nantinya," kata adil mengawali sambutannya.



Penyelenggaraan MTQ merupakan wujud

keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al-Quran serta menegakkan syiar islam, untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa. Bagi kaum muslimin, Al-Quran merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa, berisi nila-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif.



Al-Qur'an mengajak kita semua untuk bekerja sama dalam ketaqwaan dan kebaikan. Dalam menjalankan AI-Quran kita patut meneladani pribadi Nabi Muhamad SAW, kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari AL-Quran, menebarkan kasih sayang dan menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang menyakiti sesama, kita semua sebagai ummatnya harus meneladani kemuliaan akhlak Nabi Muhammad SAW.



Dalam penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an ini akan tampil Qori-Qori'ah, Hafiz-hafizah terbaik dari berbagai Desa yang berasal dari Kecamatan Rangsang. Generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya ummat yang unggul, yang kompetitif dan yang berkarakter islami sebagaimana akhlak Rasulullah.



"Dengan demikian penyelenggaran MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca AI-Quran tetapi MTQ ini merupakan suatu ikhtiar kita untuk mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Quran, meningkatkan kesadaran beragama yang humanis dan terbuka, dan yang sangat penting, sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah", lanjut adil.


"Saya yakin, dengan pemahaman keislaman yang semakin baik bukan hanya akan memperkuat jati diri seorang muslim dan muslimah tapi juga akan memperkokoh semangat ukhuwah seperti diajarkan oleh Rasulullah. Penyelenggaraan MTQ ini juga kita harapkan dapat mempererat tali silaturrahim diantara kita sehingga semangat persaudaraan dan kepedulian akan terwujud dicontohkan Nabi Muhammad SAW", lanjut adil.


"Dimasa pendemi seperti sekarang ini. Kita harus IKhlas saling membantu tanpa harus melihat perbedaan suku, agama, maupun kelompok, berbagi untuk terhadap sebagaimana sesama meringankan beban saudara-saudara yang sedang menghadapi kesulitan", imbuh Adil.



"Saya sampaikan selamat dan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kecamatan Rangsang atas antusias nya dalam menyambut penyelenggaraan MTQ ke-22 tingkat Kecamatan Rangsang tahun 2022. Selamat mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran kepada semua saudara-saudara memberi manfaat dan maslahat peserta, semoga keikutsertaan dalam upaya kita mengaktualisasikan ajaran islam secara damai ditanah air", katanya.


"Bagi Qori' dan Qori'ah yang akan berlomba untuk dapat mencurahkan semua kemampuan yang dimiliki, karena para juara yang dihasilkan dari pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan kangsang ini, selanjutnya akan dikirim untuk mewakili Kecamatan Rangsang pada pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten" lanjutnya.


"Terakhir, atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti kami mengucapkan terimaksih Kepada dewan juri yang sudah diberi kepercayaan untuk menjadi tim penilai perlombaan ini, seraya memohon ridho Allah SWT, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Musabaqah Tilawatil Qur'an Tingkat Kecamatan Rangsang ke-22 Tahun 2022 dengan resmi saya buka", ungkapnya .


"Mengingat Pandemi Covid-19 omicron sudah masuk ke-Riau saya berharap kepada kyai, ulama, ustadz, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat agar dapat melaksanakan vaksinasi untuk menyelamatkan jiwa manusia, apa lagi saat ini sudah ada (Vaksin Boster) untuk usia dini, muda dan dewasa. Harapan saya kepada masyarakat rangsang wajib di vaksin bisa tidak bisa tergantung medis", katanya .


"Saya sudah di Vaksinasi yang ke-3 langsung saya melakukan kerja jangan dipikirkan sampai saat ini saya sehat tidak ada efek ngantuk bahkan lainnya, omicron paling bahaya saat ini jangan sampai nunggu waktu jika bisa disuntik malam lakukan saja, Karna Covid-19 kita tidak bisa berbuat apa-apa karna pandemi", ujarnya .



"Kedepannya insyaallah kita akan panggil qori dan qori'ah terbaik dari Indonesia untuk mengajar anak Meranti, minimal meranti dapat nama dan wajib juara 1 jika berhasil menang maka terbuka untuk bekerja di Kantor Bupati, Kemudian di informasikan bagi peminat UMKM saya buka peluang kepada masyarakat yang mau pinjam uang tidak pakai bunga cukup pokonya saja", pungkas H Muhammad Adil SH.



Kemudian acara diakhiri dengan melakukan peresmian pembukaan MTQ ke-22 Tingkat Kecamatan Rangsang Tahun 2022 langsung oleh Bupati Meranti H Muhammad Adil SH dengan memukul gendang.


KI

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Meranti HM Adil Buka Secara Resmi MTQ Ke-22 Tingkat Kecamatan

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x