terkini

Ads Google

Mengenal lebih jauh Implementasi Resource-Based View (RBV) di Era Teknologi

Redaksi
6/04/22, 14:08 WIB Last Updated 2022-06-04T07:08:18Z


Kabaran Opini,- Pada Era Teknologi sekarang ini, Perusahaan berupaya untuk mengikuti perkembangan agar dapat menghadapi daya saing antar perusahaan. tantangan lingkungan yang ada didalam internal perusahaan diantaranya berkaitan dengan perubahan strategi dan kebijakan organisasi, serta kompetensi sumber daya manusia. 


Sebuah perusahaan juga di tuntut untuk terus melakukan perubahan guna untuk meningkatkan daya saingnya agar dapat terus berjalan dan berkembang dalamc mcenghadapi competitor Salah satu aranya dengan menggunakan Teknologi informasi. Teknologi menjadi salah satu komponen yang sangat penting pada perusahaan.


Kemajuan teknologi ini akan sangat terasa sangat memudahkan, khususnya dalam efisiensi dan efektifitas komunikasi kemajuan teknologi yang cukup pesat seperti sekarang ini tentunya dimanfatkan sebagai kemudahan berkomunikasi individu dengan satu sama lain. 


Dengan adanya teknologi yang memadai seperti sekarang ini juga menunjang maka seorang individu tidak akan lagi kesulitan mendapatkan informasi yang akurat, dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama dalam mendapatkan sebuah informasi. 


Tantangan tersebut selayaknya dapat ditanggapi oleh organisasi sebagai peluang untuk menemukan cara untuk memperoleh keunggulan kompetitif dibandingkan para pesaing. 


Perusahaan dapat memenangkan persaingan dalam jangka waktu yang panjang, harus memiliki strategi yang sangat tepat, diantaranya melalui penyelarasan sumber daya manusia yang dimiliki dengan pasar yang ingin ditujukan tanpa mengabaikan kondisi lingkungan. 


Perusahaan juga harus mampu memberikan nilai lebih kepada pihak terkait lainnya. 


Bagaimana implementasi RBV ?


Resource-Based View (RBV) Metode ini sangat mengandalkan pada sumber daya dan kemampuan yang unik, dan sulit untuk ditiru dalam upaya menciptakan keunggulan bersaing pada competitor. Untuk mencapai tingkat efisien yang tinggi pada perusahaan. 


Metode Resource Based View (RBV) digunakan sebagai strategi yang memungkinkan untuk berkolaborasi dengan teknologi informasi dimana dengan menggunakan e-commerce dapat mengukur efektifitas dan kinerja dari suatu penjualan produk yang didasarkan pada kriteria perusahaan. 


Hal yang harus diperhatikan Ketika menggunakan Metode RBV adalah Manajer perlu memahami apa kekuatan dan kelemahan perusahaan merangkum apa yang menjadi ciri khas perusahaan, dan juga berupaya mengatasi kelemahan potensial perusahaan, sumber daya perusahaan bersifat saling berketergantungan di mana perusahaan bersaing hari ini, dan cara bersaingnya, akan menjadi penentu terpenting dari basis sumber daya perusahaan itu besok. 


Manajer harus dapat memahami fungsionalitas sumber daya perusahaan. Sumber daya perusahaan secara terus menerus tunduk pada proses penciptaan dan ketidak bergunaan sumberdaya. perusahaan berubah seiring waktu. ditentukan oleh penggunaannya. 


Suatu perusahaan mampu mengidentifikasi sumber daya yang dimiliki, dan menentukan kemampuannya agar memiliki competitive advantage yang berkelanjutan dibandingkan dengan para pesaing. 


Dengan kata lain, perusahaan yang mampu mempertahankan Competitive advantage berarti perusahaan memilki kemampuan yang berada di atas rata-rata kinerja pesaing. 


Hal tersebut menekankan pentingnya sumber daya internal untuk mencapai keunggulan bersaing. Dari mulai seberapa baik manajer membangun organisasinya dalam menangani sumber daya yang bernilai, langka, sulit ditiru oleh perusahaan lain. 


Perusaahaan juga harus mampu memiliki koordinasi sumber daya strategis dengan baik, sebab merupakan kunci dalam membangun kompetensi dan mencapai kinerja yang baik , sehingga visi misi perusahan dapat berjalan dengan baik. 


Penulis : Destri Wulandari

Mahasiswi Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mengenal lebih jauh Implementasi Resource-Based View (RBV) di Era Teknologi

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x