terkini

Ads Google

Moeldoko Hadiri Dzikir Akbar Manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani

Redaksi
7/05/22, 06:45 WIB Last Updated 2022-07-04T23:45:39Z

 


Kabaran Karawang – Dzikir Akbar Manaqib Syekh Abdul Qodir Al- Jaelani di Pondok Pesantren Al-Baghdadi, di Karawang Jawa Barat, dihadiri oleh Kepala Staf Presiden Dr. Moeldoko, Sabtu malam (2/7/2022).

 


Bersama dengan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Rumadi Akhmad, kedatangan Moeldoko disambut pengasuh Ponpes KH. Junaedi Al-Baghdadi dan puluhan ribu jamaah, yang sejak sore sudah memadati lokasi acara.


“Semoga kehadiran beliau (red, Moeldoko) menambah barokah untuk Indonesia,” seru Abah Junaedi panggilan KH. Junaedi Al-Baghdadi, yang langsung diamini jamaah.


Sebelum giat dzikir bersama, Moeldoko diminta untuk menyampaikan orasi kebangsaan. Mantan Panglima TNI 2013-2015 itu bicara soal pembentukan karakter bangsa.


Menurutnya membangun karakter bangsa dapat dilakukan dengan membentuk kebiasaan baik. Hal itu, tegas Moeldoko, sangat dipengaruhi oleh keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan.


“Saya dulu kalau tidak jadi anak langgar (surau/mushalla) mungkin tidak akan jadi Jenderal,” cerita Moeldoko.


“Di situ saya digembleng, diajari disiplin, diajari ngaji, diajari saling berbagi. Dan semua itu terbawa sampai saat ini,” lanjutnya.


Berangkat dari pengalamannya itu, Moeldoko menyebut, bahwa Pesantren merupakan pusat pembentukan karakter yang bisa melahirkan sumber daya manusia unggul. Terlebih, jika ditambah dengan adanya majelis – majelis dzikir, seperti di Ponpes Al-Baghdadi.



 

“Pesantren dan majelis-majelis dzikir seperti inilah yang akan membentuk karakter bangsa. Karena dari sinilah, akan lahir SDM-SDM unggul dan berkarakter,” tandasnya.


Saat orasinya, Moeldoko juga menyampaikan beberapa capaian Presiden Jokowi. Seperti pembangunan infrastruktur, pengendalian COVID19, dan pemulihan ekonomi nasional.


“Presiden Jokowi bercita-cita 2045 Indonesia Maju. Mari bersama-sama kita wujudkan cita-cita beliau,” tutur Moeldoko, yang sekaligus menutup orasinya.


Dzikir Manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani, di Pondok Pesantren Al-Baghdadi, digelar seminggu sekali, setiap sabtu. Bertempat di lapangan pesantren seluas 3 hektare, majelis dzikir diikuti puluhan ribu jamaah dari berbagai daerah.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Moeldoko Hadiri Dzikir Akbar Manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x