terkini

Ads Google

Pemilu 2024 Kembali Anut Sistem Proporsional Tertutup

Redaksi
12/29/22, 17:17 WIB Last Updated 2022-12-29T10:17:01Z


Kabaran Jakarta - Diperkirakan Pemilu 2024 mendatang akan ada kemungkinan kembali menganut sistem proporsional tertutup.


Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (29/12/2022).


Hasyim mengungkapkan sistem itu sedang dibahas melalui sidang di Mahkamah Konstitusi (MK).


"Ada kemungkinan, saya belum berani berspekulasi, ada kemungkinan kembali ke sistem proporsional daftar calon tertutup," ujar Hasyim dalam sambutan acara Catatan Akhir Tahun 2022 KPU RI, di kantornya 


Lebih lanjut Hasyim mengatakan sistem proporsional terbuka dimulai sejak Pemilu 2009 berdasarkan putusan MK, maka kemungkinan hanya keputusan MK yang dapat menutupnya kembali.



"Maka sejak itu Pemilu 2014, 2019, pembentuk norma UU tidak akan mengubah itu, karena kalau diubah tertutup kembali akan jadi sulit lagi ke MK, dengan begitu, kira-kira polanya kalau yang membuka itu MK, ada kemungkinan yang menutup MK," sambungnya.


Oleh karena itu, Hasyim mengimbau bakal calon anggota legislatif untuk tidak melakukan kampanye dini. Karena menurutnya, masih ada kemungkinan untuk kembali ke sistem proporsional tertutup.


"Maka dengan begitu menjadi tidak relevan, misalkan saya mau nyalon pasang gambar-gambar di pinggir jalan, jadi nggak relevan. Karena apa? Namanya nggak muncul lagi di surat suara. Nggak coblos lagi nama-nama calon. Yang dicoblos hanya tanda gambar parpol sebagai peserta pemilu," tuturnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemilu 2024 Kembali Anut Sistem Proporsional Tertutup

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x