terkini

Ads Google

Tinjau Peternakan Ayam Petelur, Bupati Adil Optimis Meranti Swasembada Telur

Redaksi
12/17/22, 17:35 WIB Last Updated 2022-12-17T10:35:45Z


Kabaran Meranti, - Bupati Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil, SH, MM, meninjau peternakan ayam petelur kelompok ternak masyarakat binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan yang berlokasi di Desa Batang Malas, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Jum'at (17/12/2022).


Dalam tinjauannya, Bupati Adil terlihat antusias melihat potensi peternakan khususnya ayam petelur yang dinilainya telah berkembang sangat signifikan.


"Dengan melihat perkembangan ini, saya optimis kita akan segera swasembada telur", ujar Adil.


Hal itu disampaikan Adil, saat meninjau peternakan ayam petelur Soma Langit di Desa Batang Malas, Kecamatan Tebing Tinggi Barat.


Lebih jauh dikatakannya, Adil meminta pembinaan bagi kelompok ternak terus dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan agar target swasembada telur dapat segera dicapai. Ia juga menjelaskan akan menambah setidaknya hingga 13 kelompok penerima manfaat hingga tahun 2024 guna mendongkrak produksi telur di Meranti.


"Untuk mencapai swasembada telur, minimal ada 13 peternakan yang tersebar di seluruh wilayah Meranti. Artinya jika 1 peternakan dengan 5000 ekor ayam petelur menghasilkan estimasi sekitar 1,5 juta butir telur pertahun, maka dari itu kita butuh minimal 13 peternakan untuk memenuhi kebutuhan telur di Meranti", jelas Bupati Adil.


Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kepulauan Meranti Sudarmadi menyebutkan, saat ini ada 2 kelompok peternak ayam petelur, yaitu kelompok ternak yang ada di batang malas, kecamatan Tebing Tinggi Barat, sisanya berada di Kec. Tebing Tinggi Timur.


Sudarmadi juga menjelaskan, program ayam petelur ini merupakan wujud visi Bupati Muhammad Adil menuju swasembada telur, dimana setiap kelompok diberikan bantuan 2000 sampai 5000 ekor ayam petelur. 


"Menindaklanjuti arahan Bupati pada tahun 2023 DKPP akan diberikan bantuan kepada 5 kelompok ternak ayam petelur. Sementara Tahun 2024, direncakan akan diberikan bantuan terhadap 6 kelompok ternak untuk mencapai produksi yang diinginkan, sehingga target swasembada dapat dicapai", ungkap Sudarmadi.


Kepala Bidang Peternakan DKPP, Herman menambahkan, berdasarkan data pasar, kebutuhan telur di Kepulauan Meranti setiap tahunnya berjumlah 6,4 juta butir telur per tahunnya. Apabila kedepan ada 13 kelompok peternak, pihaknya menargetkan produksi telur di Kepulauan Meranti setidaknya mencapat 9 juta butir pertahun.


"Menurut data pasar yang ada, kebutuhan telur di Meranti berkisar 6,4 juta butir pertahun. Apabila nanti telah tersedia 13 kelompok ternak di tahun 2024, ini akan menghasilkan 9 juta telur per tahunnya, artinya Kepulauan Meranti mampu memenuhi kebutuhan telur secara menyeluruh bahkan surplus dan dapat di distribusikan keluar daerah", pungkas Herman. (Diskominfotik)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tinjau Peternakan Ayam Petelur, Bupati Adil Optimis Meranti Swasembada Telur

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x