terkini

Ads Google

Innailaihi rajiun, Pakar politik Mochtar Pabottingi Meninggal Dunia

Sri Handayani
6/04/23, 11:50 WIB Last Updated 2023-06-04T04:50:40Z
Innailaihi-Rajiun-Pakar-Politik-Mochtar-Pabottingi-Meninggal-Dunia

Jakarta, Kabaran.Id - Sekitar pukul 00.30 WIB, Pakar politik Mochtar Pabottingi dikabarkan meninggal dunia.

Mantan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudi Latif dalam pesan singkatnya membenarkan.

"Innalillahi wa innailaihi raji'un, Telah berpulang kehadirat Illahi, Bapak Mochtar Pabottingi, pada Minggu dini hari 4 Juni 2023," kata Yudi Latif.

Jenazah Mochtar, Yudi mengatakan, rencananya akan dibawa ke rumah duka di Jalan Plafon 1/12, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, sebelum dimakamkan.

Semasa hidupnya Mochtar juga bergelut sebagai peneliti di bidang politik nasional di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

Semasa hidupnya, Mochtar juga dikenal sebagai seorang penulis terutama puisi. Sejumlah puisinya dipilih Linus Suryadi AG dan dimuat dalam antologi puisi Tonggak 3. 

Mengutip laman Kemendikbud, Mochtar memulai karier di bidang kepenulisan sejak 1964 ketika masih menjadi mahasiswa di Universitas Hasanuddin. Saat itu cerpennya mulai dimuat di surat kabar mingguan Makassar.

Selain di surat kabar atau majalah, beberapa tulisan Mochtar juga dimuat di sejumlah penerbitan. Ia juga pernah menerima pelbagai penghargaan, yakni hadiah pertama penulisan cerita pendek dari Gubernur Sulsel saat itu, AA Rivai dalam rangka Cash Program pembangunan daerah Sulawesi Selatan (1964).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Innailaihi rajiun, Pakar politik Mochtar Pabottingi Meninggal Dunia

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x