terkini

Ads Google

Esta Dana Ventura Tanam 5.001 Mangrove di Indramayu

Sri Handayani
5/31/24, 23:51 WIB Last Updated 2024-05-31T16:51:29Z
Esta Dana Ventura Tanam 5.001 Mangrove di Indramayu
Esta Dana Ventura Tanam 5.001 Mangrove di Indramayu

Kabaran.Id, - PT Esta Dana Ventura, sebagai lembaga keuangan non-bank yang terkemuka di Indonesia, dedikasinya terhadap pelestarian lingkungan dengan menanam 5.001 pohon mangrove di pesisir Pabean Ilir, Kabupaten Indramayu, pada 22 Mei 2024.


Kolaborasi ini merupakan bagian dari kampanye Green Future, bekerja sama dengan startup lingkungan LindungiHutan.


Selain fokus pada pemberdayaan ekonomi, PT Esta Dana Ventura juga memperlihatkan kepeduliannya terhadap isu-isu lingkungan.


Kampanye Green Future ini sesuai dengan komitmen perusahaan terhadap prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), yang diwujudkan melalui aksi nyata bersama komunitas dan pemangku kepentingan.


“Esta Dana Ventura berkomitmen untuk mengedepankan ESG. Salah satu program untuk mendukung komitmen tersebut adalah melalui kampanye Green Future dengan menanam 5.001 pohon mangrove,” kata Aries Dewanto R, Chief of Coordinator Region PT Esta Dana Ventura.


Penanaman ini merupakan bentuk nyata dari komitmen perusahaan terhadap perbaikan lingkungan.


Penanaman mangrove tidak hanya bertujuan untuk keseimbangan ekosistem tetapi juga memberikan manfaat bagi masyarakat, sebagaimana diungkapkan oleh Kokom Komalasari, perwakilan dari PT Esta Dana Ventura.


“Tahun sebelumnya, kegiatan serupa telah diadakan dan kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan serta membantu menyelamatkan lingkungan dari abrasi dan mendukung masyarakat sekitar,” ujarnya.


Penanaman pohon mangrove di pesisir Pabean Ilir melibatkan karyawan PT Esta Dana Ventura, Paguyuban Penyelamat Lingkungan Pesisir Pabean Ilir yang dipimpin oleh Riyanto, serta tim dari LindungiHutan. 


Tujuan aksi ini adalah untuk menyelamatkan pesisir dari kerusakan lingkungan, terutama abrasi, memperkuat ekosistem pesisir, dan memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan serta masyarakat setempat.


Pesisir Pabean Ilir memiliki hutan mangrove seluas 367 hektar yang tersebar sepanjang pantai, berpotensi besar sebagai area edukasi dan wisata mangrove yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat.


Namun, aktivitas perambahan dan konversi lahan menjadi tambak, pertanian, dan pemukiman telah mengancam keberadaan hutan mangrove.


Mangrove dipilih dalam kampanye ini karena kemampuannya menahan abrasi, meredam tsunami, menyerap emisi karbon, dan menyediakan habitat bagi berbagai spesies serta sumber pendapatan bagi masyarakat.


Melalui kampanye Green Future, PT Esta Dana Ventura berharap dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya kolaborasi antara masyarakat, perusahaan, dan pemerintah dalam menjaga kelestarian alam. *


Editor: Mas Bons

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Esta Dana Ventura Tanam 5.001 Mangrove di Indramayu

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x