terkini

Ads Google

PDI Perjuangan Pertimbangkan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

Redaksi
6/02/24, 02:07 WIB Last Updated 2024-06-01T19:07:41Z


Kabaran Jakarta,- PDI Perjuangan mempertimbangkan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyatakan partainya akan menimbang setiap nama yang diusulkan oleh masyarakat untuk dicalonkan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.


Hasto tidak menutup kemungkinan bahwa PDI Perjuangan mempertimbangkan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024 jika mendapat usulan dari akar rumput. "Ya semua nama yang diusulkan, karena kami ini adalah partai demokrasi khas Indonesia dengan demokrasi Pancasila, seluruh usulan selama itu dari bawah, akan dikaji dengan seksama untuk mencari pemimpin yang terbaik untuk gubernur dan wakil gubernur DKI dan juga daerah-daerah lain," kata Hasto saat ditemui di Taman Perenungan Bung Karno, Ende, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (1/6/2024).


Meskipun mempertimbangkan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024, Hasto mengingatkan bahwa nama-nama yang diusulkan oleh akar rumput tidak otomatis ditetapkan sebagai calon kepala daerah yang diusung oleh PDI Perjuangan. Partai tersebut memiliki mekanisme internal yang ketat dalam menentukan calon pemimpin, salah satunya melalui sekolah partai. "Partai menyiapkan dengan sekolah partai, dengan melakukan penugasan-penugasan kader, dan tentu saja melihat kehendak rakyat," tambahnya.


PDI Perjuangan menerima banyak usulan nama potensial untuk calon gubernur Jakarta, tetapi Hasto enggan mengungkapkan siapa saja nama-nama tersebut. Saat ini, prioritas partai adalah melakukan pemetaan politik menjelang pendaftaran pasangan calon kepala daerah. "Partai melakukan pemetaan politik, tapi bagi putera-puteri bangsa yang terpanggil tugasnya untuk membawa kemajuan di seluruh wilayah Indonesia, PDI Perjuangan membuka diri dan partai akan mempersiapkan melalui sekolah partai," ujarnya.


Sebelumnya, Anies Baswedan telah menyatakan akan mempertimbangkan serius untuk maju kembali di Pilkada Jakarta 2024. Hal ini disampaikannya setelah didesak oleh warga untuk kembali maju sebagai calon gubernur saat menghadiri acara silaturahmi dan halal bihalal dengan PKL dan warga Kampung Jaringan Rakyat Miskin Kota di Kampung Marlina, Minggu (19/5/2024).


Mantan calon presiden tersebut mengaku telah mendapatkan tawaran dari sejumlah partai politik untuk maju pada Pilkada Jakarta 2024 dan sedang mempertimbangkannya. "Nah jadi tadi disampaikan pernyataan dukungan kami. Saya ngomong sama bapak/ibu, memang saya mendapatkan undangan dari parpol-parpol, ditawarkan, diminta untuk dicalonkan jadi gubernur. Saat ini saya sedang mempertimbangkan," ujar Anies.


Pertimbangan PDI Perjuangan untuk mencalonkan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024 menunjukkan keterbukaan partai terhadap aspirasi masyarakat. Hasto menegaskan bahwa partainya akan terus mengkaji usulan-usulan yang masuk dengan seksama. "Seluruh usulan selama itu dari bawah, akan dikaji dengan seksama untuk mencari pemimpin yang terbaik untuk gubernur dan wakil gubernur DKI," katanya.


Sekolah partai menjadi salah satu mekanisme penting dalam proses seleksi calon pemimpin di PDI Perjuangan. Partai tersebut telah mempersiapkan kader-kader melalui pendidikan dan penugasan yang bertujuan untuk mencetak pemimpin yang siap mengemban amanah rakyat. "Partai menyiapkan dengan sekolah partai, dengan melakukan penugasan-penugasan kader, dan tentu saja melihat kehendak rakyat," jelas Hasto.


Keputusan akhir mengenai calon yang akan diusung oleh PDI Perjuangan di Pilkada Jakarta 2024 masih belum ditentukan. Proses pemetaan politik dan pendidikan kader melalui sekolah partai menjadi langkah strategis partai dalam menentukan calon pemimpin yang terbaik. Dengan mempertimbangkan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta, PDI Perjuangan menunjukkan komitmennya untuk mendengarkan dan menindaklanjuti aspirasi rakyat.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PDI Perjuangan Pertimbangkan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x