terkini

Ads Google

Ajinomoto Tingkatkan Kesehatan dan Bisnis Ramah Lingkungan

Sri Handayani
6/16/24, 23:54 WIB Last Updated 2024-06-16T16:56:08Z
Ajinomoto Tingkatkan Kesehatan dan Bisnis Ramah Lingkungan
Ajinomoto Tingkatkan Kesehatan dan Bisnis Ramah Lingkungan


Ajinomoto Tingkatkan Kesehatan dan Bisnis Ramah Lingkungan


Kabaran.Id, - PT Ajinomoto Indonesia (Ajinomoto) berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia dan menjalankan bisnis yang ramah lingkungan. Salah satu upayanya adalah transformasi karyawan melalui program Ajinomoto Health Provider.


Ajinomoto Health Provider adalah inisiatif keberlanjutan dari Grup Ajinomoto Indonesia yang mencakup aktivitas yang mendukung kesehatan manusia dan pelestarian lingkungan.


Grant Senjaya, Head of Corporate Communications Ajinomoto, menjelaskan bahwa inisiatif ini tidak hanya mencakup operasional, tetapi juga mengubah karyawan menjadi Health Provider yang fokus pada kesehatan manusia dan lingkungan.


“Transformasi karyawan menjadi Health Provider adalah upaya perusahaan untuk memperpanjang harapan hidup sehat masyarakat Indonesia dan menciptakan bisnis ramah lingkungan sesuai visi perusahaan pada 2030,” ujarnya.


Grant menyatakan bahwa karyawan di pabrik Ajinomoto di Mojokerto dan Karawang berupaya mengurangi limbah produksi dan mengolahnya menjadi produk yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Di sisi operasional, pabrik juga berusaha mengurangi emisi karbon dan meningkatkan efisiensi penggunaan air. Produk Ajinomoto juga mulai menggunakan kemasan yang lebih ramah lingkungan.


Contohnya, produk Masako mengurangi penggunaan plastik pada kemasan, dan MSG Ajinomoto telah mengeluarkan kemasan kertas yang mengurangi penggunaan plastik hingga 30%.


Ekonomi Sirkular

Grant menambahkan, Ajinomoto konsisten mempraktikkan ekonomi sirkular dengan mengolah produk samping dari proses pembuatan MSG menjadi produk bernilai ekonomi seperti pupuk AJIFOL dan AMINA. Pabrik Ajinomoto di Mojokerto juga menggunakan boiler biomassa yang lebih ramah lingkungan dibanding batu bara.


"Pabrik kami juga mulai menggunakan tenaga surya dan memanen air hujan untuk membantu penghematan energi dalam produksi," jelasnya.


Grant juga menyebutkan bahwa Ajinomoto bekerja sama dengan Rekosistem untuk menyediakan fasilitas pengelolaan sampah di Pasar Sememi, Surabaya, guna meningkatkan pengelolaan dan partisipasi masyarakat dalam mendaur ulang sampah plastik.


"Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Juni 2024, Ajinomoto mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan, dimulai dari memilah sampah plastik untuk membantu proses pengelolaan dan daur ulang," pungkasnya. *


Editor: Mas Bons

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ajinomoto Tingkatkan Kesehatan dan Bisnis Ramah Lingkungan

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x