terkini

Ads Google

Pelantikan Panwaslu Kelurahan Desa untuk Pilkada Serentak Tahun 2024: Siap Awasi Pemilu

Redaksi
6/01/24, 22:54 WIB Last Updated 2024-06-01T15:54:25Z


Kabaran Jabar, - Pelantikan Panwaslu Kelurahan Desa untuk Pilkada Serentak Tahun 2024 berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Banyuresmi, Sabtu, 01 Juni 2024, bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Acara ini diselenggarakan oleh Panwascam Banyuresmi dengan dihadiri oleh 15 orang PKD terpilih yang dilantik langsung oleh Ketua Panwascam Banyuresmi, Diki Alamsyah. 


"Kami harapkan integritas dan dedikasi rekan-rekan PKD agar mampu melaksanakan tugas dengan baik," tegas Diki Alamsyah.


Panwaslu Kelurahan Desa untuk Pilkada Serentak Tahun 2024 mengemban tugas penting dalam memastikan pelaksanaan pilkada berjalan sesuai aturan. Pelantikan ini disaksikan oleh unsur Forkopincam, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda, menandai dimulainya tanggung jawab besar bagi para PKD. Mereka telah melalui proses seleksi ketat, mulai dari pengumpulan berkas hingga wawancara, dan akhirnya dilantik melalui rapat pleno.


Diki Alamsyah menyampaikan ucapan selamat kepada para PKD yang telah terpilih dan menegaskan pentingnya menjaga integritas dan dedikasi dalam melaksanakan tugas. 


"Kedepan, tugas yang diemban merupakan tanggung jawab yang besar dan penuh resiko," tambahnya. Panwaslu Kelurahan Desa untuk Pilkada Serentak Tahun 2024 harus siap menghadapi berbagai tantangan dalam mengawal proses demokrasi di kecamatan Banyuresmi.


Dalam pelantikan ini, Asep Nidzar, Kordiv HP2HM Panwascam Banyuresmi, mengemukakan langkah-langkah pencegahan yang akan diterapkan untuk mengantisipasi pelanggaran selama tahapan pilkada.


"Langkah pencegahan tersebut dimulai dengan menumbuhkan kesadaran bersama peserta pemilu, unsur penyelenggara, dan elemen masyarakat terkait pentingnya kepatuhan terhadap aturan pelaksanaan Pilkada," jelas Asep Nidzar.


Untuk memastikan efektivitas pengawasan, Asep Nidzar mengingatkan pentingnya koordinasi dengan kepala desa, tokoh masyarakat, dan PPS setempat. "Dalam strategi pengawasan, agar rekan-rekan PKD semua untuk segera berkoordinasi dengan kepala desa, tokoh masyarakat, dan PPS setempat," ujar Asep Nidzar. Panwaslu Kelurahan Desa untuk Pilkada Serentak Tahun 2024 harus mampu bekerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk mengawal proses demokrasi dengan baik.


Iin Sobirin, Kordiv P3S Panwascam Banyuresmi, menekankan pentingnya belajar dari pengalaman pemilu sebelumnya untuk meningkatkan kesiapan menghadapi Pilkada 2024. 


"Hal yang baik kiranya perlu ditingkatkan dan yang kurang perlu juga dievaluasi, karena PPK itu sendiri adalah ujung tombak dari penyelenggaraan Pilkada baik secara teknis maupun sosial politis," ungkap Iin Sobirin. Pengalaman sebelumnya akan menjadi panduan berharga bagi Panwaslu Kelurahan Desa untuk Pilkada Serentak Tahun 2024 dalam melaksanakan tugas mereka.


Iin Sobirin juga menegaskan komitmen Panwascam Banyuresmi dalam memegang prinsip-prinsip demokrasi dan objektivitas dalam pengawasan. "Kami selaku aparatur pengawasan tentunya akan senantiasa objektif dan berkomitmen untuk memegang prinsip-prinsip demokrasi yang termaktub dalam aturan," kata Iin. Panwaslu Kelurahan Desa untuk Pilkada Serentak Tahun 2024 harus siap menindak setiap pelanggaran yang terjadi selama pemilu, tanpa pandang bulu.


Pelantikan Panwaslu Kelurahan Desa untuk Pilkada Serentak Tahun 2024 merupakan langkah awal yang penting dalam rangka menyukseskan pilkada di kecamatan Banyuresmi. Dengan komitmen kuat dari para PKD dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan proses pilkada dapat berjalan lancar dan demokratis, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. 


"Mari kita kawal bersama proses demokrasi di kecamatan Banyuresmi," ajak Asep Nidzar, menutup sesi pelantikan dengan pesan optimisme dan tanggung jawab bersama.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pelantikan Panwaslu Kelurahan Desa untuk Pilkada Serentak Tahun 2024: Siap Awasi Pemilu

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x