terkini

Ads Google

Mengapa Harus Waspada Skema Ponzi

Redaksi
1/29/22, 17:36 WIB Last Updated 2022-01-29T10:36:16Z




Apakah Skema Ponzi itu,? Kenapa masyarakat sering tertipu oleh skema ini? Apa alasan kita untuk tetap waspada skema ponzi? mungkin ada deretan pertanyaan lain yang terbersit dalam benak kita.


Sebelum melangkah kesana mari kita lihat dulu sebenarnya dari mana skema yang konon katanya bisa menghasilkan keuntungan ini berasal dan kenapa skema ini bisa lahir.


Dilansir dari laman mediainvestasi, Skema Ponzi adalah modus investasi imitasi yang membayarkan pokok keuntungan kepada investor dari uang mereka sendiri atau korban investor berikutnya bukan dari sebuah laba yang dihasilkan oleh organisasi yang menjalankan operasi sendiri.


Dalam berkegiatan skema ini biasanya merayu para investornya dengan menawarkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan investasi lain, dalam jangka pendek dengan tingkat pengembalian yang terlalu tinggi atau luar biasa konsisten.


Karena menjanjikan return investment yang tinggi ini lah yang membutuhkan aliran yang terus meningkat dari uang yang didapat dari investor baru untuk menjaga skema ini terus berjalan. Ini kenapa kita wajib waspada skema ponzi.


Jika ditilik dari sejarahnya skema ponzi seorang bapak yang bernama charles ponzi, ini menjadi alasan kenapa ada nama ponzi dalam skema ini.


Skema ini didasarkan pada praktik arbitrase label pengembalian internasional, yang memiliki tarif berbeda di setiap negara. Keuntungan dari praktek ini kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri dan investor sebelumnya.


Ponzi menyatakan bahwa uang rule diperoleh Dari investasinya Akan dikirimkan ke agen di luar negeri, seperti Italia, di mana mereka membeli kupon tersebut.


Kupon itu kemudian dikembalikan ke Amerika Serikat dan ditukar dengan perangko yang lebih mahal. Menurut Pongee, laba bersih setelah mengukur nilai tukar lebih dari 400 persen.


Namun apesnya si Ponzi di penjara karena kedoknya terbongkar dimana hal yang tidak dapat dipungkiri karena dalam keadaan investasi yang dijanjikan, seharusnya ada 160 juta kupon yang dikeluarkan, tetapi hanya 27 ribu yang terealisasikan.


Alasan dibalik suksesnya skema ini adalah dimana orang percaya bahwa uang yang dikembalikan akan berkali kali lipat bahkan bisa mencapai lebih dari 400 persen. Hal inilah yang membuat kenapa kita wajib untuk memilih instrumen investasi yang tepat dan juga waspada skema ponzi.




Penulis : Lyla Iswara

Editor  : Musa


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mengapa Harus Waspada Skema Ponzi

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x