terkini

Ads Google

Fungsi Pancasila Penting untuk Pedoman Hidup Kita

Sri Handayani
3/19/22, 10:35 WIB Last Updated 2022-03-19T03:35:28Z

Fungsi Pancasila Penting untuk Pedoman Hidup Kita


KabaranID, - Fungsi Pancasila sangatlah penting untuk pedoman hidup kita sebagai Bangsa Indonesia. Nilai yang terkandung dalam Pancasila telah dirumuskan sejak dulu oleh para pahlawan Indonesia.

 

Fungsi Pancasila harus kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi warga negara yang baik dan menghargai sesama. Hari Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni setiap tahunnya. Oleh karena itu, sangat penting fungsi Pancasila dalam kehidupan bangsa Indonesia

9 Fungsi Pancasila

 

    Sebagai dasar negara bangsa Indonesia

 

Setiap negara pasti memiliki dasar atau pondasi sebagai pijakan yang kokoh untuk dapat berdiri. Indonesia sebagai negara yang merdeka juga berdiri kokoh karena sebuah pondasi yang disebut Pancasila.

 

Fungsi Pancasila sebagai dasar negara berfungsi sebagai sumber dan kaidah hukum yang mengatur bangsa Indonesia baik itu rakyat, pemerintah dan wilayah. Kedudukan Pancasila adalah sebagai penyelenggara negara serta kehidupan berbangsa dan bernegara, artinya dengan adanya Pancasila, negara dan bangsa memiliki pedoman.

 

    Sebagai pedoman hidup

 

Pancasila adalah perwujudan dari apa yang telah diperjuangkan Indonesia dalam sejarah, kemudian terbentuklah watak, sikap, perilaku, etika dan nilai norma yang dijadikan pandangan hidup.

 

Pandangan hidup yang berisi nilai-nilai luhur dan mencerminkan sebuah bangsa. Pandangan ini berguna sebagai pedoman yang mengatur hubungan manusia dengan sesama makhluk hidup dan hubungan manusia dengan Tuhan.

 

    Sebagai ideologi bangsa Indonesia

 

Ideologi merupakan ilmu yang berisikan prinsip atau pengertian-pengertian dasar. Fungsi Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia adalah hasil dari pemikiran bangsa Indonesia.

 

Ideologi merupakan ilmu yang berisikan prinsip atau pengertian-pengertian dasar. Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia adalah hasil pemikiran dari bangsa Indonesia. Pancasila adalah cerminan dari nilai adat istiadat dan pandangan hidup masyarakat Indonesia, artinya pancasila tercipta dari pandangan hidup seluruh bangsa-bangsa yang ada di Indonesia.

 

    Sebagai kepribadian bangsa Indonesia

 

Pancasila adalah ciri khas bangsa Indonesia, hal ini sangat tercermin dalam sikap mental ataupun tingkah laku sehingga dapat dibedakan dengan bangsa lain. Wujud peran pancasila mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia, inilah yang menjadikan Indonesia sangat berbeda dengan bangsa lain.

 

    Sebagai jiwa bangsa Indonesia

 

Pancasila merupakan nilai-nilai kehidupan yang ada pada kehidupan masyarakat Indonesia, sebagai acuan hidup dan cita-cita yang ingin dicapai bangsa Indonesia. Pancasila adalah jiwa yang lahir bersamaan dengan adanya bangsa Indonesia, itulah sebabnya pancasila sangat melekat pada kehidupan masyarakat Indonesia.

 

    Sebagai sumber dari segala hukum

 

Seluruh hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dijalankan di Indonesia harus bersumber dari Pancasila, artinya peraturan atau hukum yang dibuat tidak boleh bertentangan dengan Pancasila. Sebab kehidupan bangsa Indonesia tidak boleh bertentangan dengan Pancasila. Sebab kehidupan bangsa Indonesia semuanya berdasarkan Pancasila.

 

    Sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia

 

Cita-cita dan tujuan negara Indonesia terkandung dalam Pancasila. Dengan tujuan akhir mencapai masyarakat adil dan makmur secara material maupun spiritual yang didasari Pancasila.

 

    Sebagai perjanjian luhur

 

Bangsa Indonesia terlahir atas perjanjian luhur yang telah disepakati oleh para pendiri bangsa, yaitu Pancasila untuk dilaksanakan, dilestarikan, dan dipelihara.

 

Pancasila adalah falsafah hidup yang mengandung nilai-nilai dan norma-norma yang diyakini paling benar, bijaksana, adil dan tepat bagi bangsa Indonesia. Pancasila adalah sarana untuk mempersatukan bangsa Indonesia, dengan satu filosofi yang sama kita dapat bersatu dan menerima perbedaan.

Fungsi Pancasila sebagai Perjanjian Luhur

 

Fungsi Pancasila sebagai perjanjian luhur karena Pancasila bersumber dari sosial-budaya bangsa Indonesia sendiri. Fungsi Pancasila disepakati bersama oleh seluruh rakyat Indonesia sebagai milik bangsa yang harus diamalkan serta dilestarikan.

 

Pewarisan nilai-nilai Pancasila kepada generasi penerus adalah kewajiban moral seluruh bangsa Indonesia. Melalaikannya berarti mengingkari perjanjian luhur itu. Proses pengesahan Pancasila dan Dasar Negara tanggal 18 Agustus 1945, Sidang pertama PPKI, mengesahkan pembukaan UUD 1945 dan batang tubuh UUD 1945.

Fase-fase fungsi Pancasila sebagai perjanjian luhur

 

Dilihat dari sejarah sebelumnya bangsa Indonesia mempunyai 3 fase sumpah perjanjian luhur yang diawali:

Fase zaman kerajaan, pada masa kerajaan Majapahit yang mempunyai patih bernama gajah mada yang bersumpah janji

 

Sebelum dapat mempersatukan Nusantara tidak akan memakan buah Maja. Diantaranya mengenal sejarah nama-nama tanah asia air kita: Jawa Dwipa, Dwipantara, Nusantara, Insulindi, Indonesia.

 

Fase zaman pergerakan Kemerdekaan, seluruh pemuda-pemudi bersumpah janji yang dikenal Sumpah Pemuda.

Fase kemerdekaan, memproklamirkan kemerdekaannya dan berjanji membentuk sebuah negara kesatuan. Terbentuknya negara kesatuan dimulai dari: Negara keprabuan Sriwijaya, Negara keprabuan Majapahit, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara

 

Fungsi Pancasila sebagai Ideologi negara adalah cita-cita pandangan hidup dan nilai dasar yang dijadikan pedoman bagi seluruh rakyat untuk hidup dan bagaimana menyelenggarakan sebuah negara. Nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi:

 

Masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan serta bertoleransi

Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan

Masyarakat yang bersatu dalam suasana perbedaan

Berkedaulatan rakyat dengan mengutamakan musyawarah

Masyarakat yang berkeadilan sosial

Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

 

Ideologi yang dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman dan adanya dinamika internal disebut ideologi terbuka. Sifat Pancasila itu memberi peluang kepada penganutnya untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran baru yang relevan dan sesuai dengan perkembangan dari masa ke masa. Sehingga Pancasila tetap aktual, selalu berkembang dan dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakatnya.

 

Ciri-ciri ideologi terbuka:

Bersumber dari ide atau gagasan yang ingin diwujudkan oleh masyarakat, bukan berasal dari elit penguasa tertentu.

Terbuka pada perubahan dari luar tanpa menghilangkan ciri khas ide atau gagasan tersebut.

Berisi tuntunan dasar bukan tuntunan konkrit yang spesifik.

 

Sebagai bangsa Indonesia kita harus memahami fungsi Pancasila. Sebab dalam Pancasila terdapat nilai penting yang membuat kita berpedoman menjadi warga negara yang baik. Semoga kamu dapat menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari ya!

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Fungsi Pancasila Penting untuk Pedoman Hidup Kita

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x