terkini

Ads Google

Pangan Adalah Produktivitas Dalam Negeri

Sri Handayani
3/08/22, 19:19 WIB Last Updated 2022-03-08T12:19:26Z
Pangan Adalah Produktivitas Dalam Negeri Sumber: Istock Photo



Kabaran Nasional, - Prof. Mahfud Arifin, Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran (Fapet Unpad) mengatakan.


Pangan adalah produktivitas dalam negeri. Pertanian di Indonesia salah satu penyebab banyak mengimpor pangan dibandingkan negara lain.


Kementerian Pertanian RI 2019, data menunjukkan ekspor perkebunan cenderung lebih tinggi dibandingkan ekspor komoditas pangan.


"Indonesia, ini indikasinya lebih cocok untuk perkebunan,” ujarn Prof. Mahfud.


Komoditas perkebunan premium di Indonesia, seperti rasuan duku di Sumatera Selatan, lada di Sulawesi Selatan, hingga kopi di Jambi. Ia menjelaskan, di Indonesia justru ditanami di lahan-lahan marginal.


Prof. Mahfud menerangkan, tanah suboptimal jika dibiarkan tanah akan menjadi sulit diolah. langkah tepat untuk menangani tanah suboptimal adalah dengan menumbuhkan vegetasi. Jika terpapar matahari akan membuat unsur hara di dalamnya menjadi mengkristal.


"Jadi tanahnya sudah tidak bisa dijadikan area pertanian. Kejadian ini seperti di India, ada tanah punah,” beber Prof. Mahfud seperti dimuat laman Unpad, Selasa (8/3/2022).


Sumber: Aldi Ferdian / RMOL Jabar

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pangan Adalah Produktivitas Dalam Negeri

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x