terkini

Ads Google

Ta'aruf tidak Hanya untuk Mencari Jodoh

Sri Handayani
5/20/22, 21:32 WIB Last Updated 2022-05-20T14:32:59Z

 

Ta'aruf tidak Hanya untuk Mencari Jodoh

Kabaran Publik, - Ta'aruf merupakan pendekatan pasangan yang dianjurkan dalam agama Islam.


Ta'aruf ngak hanya dilakukan untuk mencari jodoh. Mau tahu tahapan-tahapan yang dianjurkan oleh agama Islam? Simak selengkapnya.


1. Ta'aruf secara harfiah menawarkan bantuan dalam prosesnya namun bisa juga memilih perantara dari teman atau saudara ataupun dengan permohonan yang bisa diajukan secara langsung maupun dengan perantara.


Ta'aruf biasanya diminta membuat proposal atau CV, didalamnya tertulis data diri lengkap, profil keluarga, visi misi menikah, hingga rencana jangka panjang ke depannya setelah menikah.


Ber ta'aruf atau proposal ditukarkan dengan lawan jenis barulah dari proses penukaran ini bisa dipertimbangkan apakah cocok atau tidak . Selanjutnya akan dipertemukan secara fisik jika sama-sama merasa cocok.


Perantara memberi sedikit informasi umum tentang calon pasangan. Jika walaupun memilih perantara teman atau saudara, gak harus menyiapkan proposal. Lalu si perantara akan menyampaikan maksud dari dari salah satu pihak yang ingin ber ta'aruf.


3. Jika kedua belah pihak sama-sama cocok, setelah melewati tahap bertukar informasi, Tentunya didampingi keluarga atau kerabat, sebaiknya gak dilakukan berdua saja.


Agar terhindar dari hal-hal buruk selama proses pertemuan. Dianjurkan untuk tetap menjaga pandangan dan batasan lain dan kedua pihak bisa bertukar informasi lebih banyak.


Kedua belah pihak harus memberikan kesimpulan di akhir setelah proses pertemuan lansung. Keputusan harus dibuat secara sadar tanpa paksaan apakah keduanya sepakat untuk melanjutkan ke tahap berikutnya atau tidak.


4. Saat proses pertemuan langsung, Prosesi lamaran atau khitbah. Tahap ini bisa terlaksana jika kedua belah pihak sama-sama bersedia melanjutkan ta'aruf, dan tahapan selanjutnya adalah lamaran atau khiybah.


Mengingat kedua pihak sudah mantap, prosesi lamaran biasanya dihadiri oleh keluarga besar dan melanjutkan ke jenjang pernikahan. Di tahapan berikutnya juga akan ditentukan kapan tanggal pernikahan akan dilangsungkan.


Kedua calon pengantin di anjurkan memperdalam ilmu agama dan pengetahuan tentang pernikahan sesuai syariat Islam.


5. Proses ta'aruf yang berjalan lancar akan berlabuh di depan penghulu dan melangsungkan pernikahan. Tahapan memang terbilang singkat dan di setiap prosesnya mengandung tujuan yang jelas.


Metode ini dianggap bisa menjaga kedua belah pihak dari hal-hal kurang baik. Memang sangat dianjurkan dalam syariat Islam pendekatan pasangan melalui proses ta'aruf  sebelum melangsungkan pernikahan.


Meski prosesnya terkesan singkat, berikut tahapan ta'aruf yang dianjurkan dalam agama Islam. Tanggung jawab yang diemban sangat besar, lho!


Berikut tadi tahapan taaruf yang dianjurkan dalam Islam. Meski prosesnya terkesan singkat, tanggung jawab yang diemban sangat besar, lho!


Taaruf sampai Sah, Cukup mengenal melalui biodata 


Nama : Warsono

Bekerja : Kontributor Media Kabaran Jabar


Demikian saya sampaikan, terima kasih.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ta'aruf tidak Hanya untuk Mencari Jodoh

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x