terkini

Ads Google

Idul Qurban Sudah Siap, Ridwan Kamil: Pastikan Kebutuhan Hewan 2022 di Jabar Aman

Sri Handayani
6/09/22, 00:21 WIB Last Updated 2022-06-08T17:21:23Z
Idul Qurban Sudah Siap, Ridwan Kamil: Pastikan Kebutuhan Hewan 2022 di Jabar Aman / ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho


Kabaran Jabar, - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan kebutuhan hewan kurban tahun 2022 di Jawa Barat aman, meski saat ini ancaman penyakit mulut dan kuku (PMK) masih merebak.

“Idul Qurban ini sudah siap, untuk kebutuhan hewan kurban di Jabar Jawa Barat ini totalnya 800.000 ekor tepatnya 804.000 ekor," kata Ridwan Kamil usai rapat bersama Kanwil Kementerian Agama Jabar di Jalan Jendral Sudirman, Kota Bandung, Rabu, 8 Juni 2022.


804.000 hewan kurban itu terdiri dari 96.500 sapi, 2.600 kerbau, 609.000 domba, dan 95.000 kambing yang akan dipotong di tanah Jawa Barat oleh orang-orang yang akan berkurban dalam berbagai bentuk.


Untuk memastikan hewan tersebut sehat dan layak disembelih, Ridwan Kamil meminta masyarakat membeli hewan kurban yang sudah bersertifikat sehat.


Tandanya hewan kurban yang sehat adalah yang memiliki keping kuning di kuping seperti memakai anting.


Oleh sebab itu, kepada para penjual, Ridwan Kamil mengingatkan harus memastikan hewan kurban yang dijualnya adalah sehat ke dinas peternakan masing-masing di wilayah kota Kabupaten untuk mendapatkan keping tanda sehat.


“Kepada Konsumen yang akan membeli dan memotong pastikan hewan yang dibeli juga ada tanda hewan bersertifikat sehatnya di kupingnya. Ada keping yang warna kuning,” ujar dia.


Untuk penanganan PMK di Jabar, lanjut Ridwan Kamil, secara umum diperlakukan seperti penanganan Covid. Diantaranya ada banyak gugus tugas di level kota Kabupaten sampai ke desa-desa.


“Berita baiknya wilayah Jawa Barat yang terdampak oleh penyakit mulut dan kuku ini hanya 4,5 persen dari berbasis desa ya karena itu lebih akurat sehingga 95,5 persen wilayah desa Jawa Barat tidak terdampak,” ujarnya.


Menurutnya, hewan di daerah Jabar terdampak karena mayoritas hewan ternak di Jawa Barat itu sebenarnya dari daerah lain. Jabar sendiri lebih ke provinsi konsumen.


Ridwan Kamil pun mengatakan, tingkat kesembuhan kasus PMK di Jabar termasuk tinggi, yaitu hampir 30 persen.


“Per hari ini dari hewan yang terduga dan tertular itu sudah sembuh. Masyarakat lain jangan khawatir karena PMK ini tidak menular ke manusia dan itu tidak ada penularan dari manusia ke manusia, jangan khawatir,” ucapnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana menembahkan irtek atau penanda di kuping menjadi salah satu ciri tanda hewan kurban sehat.


Selain itu, ada juga penanda yang berbentuk kalung mengingat setiap kabupaten/kota melakukan pengadaan penanda hewan kurban sehat berbeda-beda.


Namun selain urusan penanda, Arifin juga menekankan faktor atau syarat utama hewan kurban sehat adalah adanya surat keterangan kesehatan hewan (SKKH).


“Itu yang paling inti, karena kalau ciri atau penanda ada, tapi surat tidak ada itu bisa jadi masalah. Di luar SKKH penciri tambahan itu supaya lebih menenangkan konsumen, tandanya bisa di kuping atau kalung,” katanya.


Terkait hewan kurban cacat, Arifin memastikan MUI dalam fatwanya memberikan dua kategori yakni hewan bergejala ringan dan gejala berat yang masing-masing ada gejala klinisnya.


Untuk gejala ringan yakni panas atau hidung mengeluarkan ingus, sementara untuk yang gejala berat paling pokok adalah hewan pincang atau tidak bisa jalan.


“Jadi yang berat itu masalahnya di kaki, itu tidak bisa digunakan kurban karena bisa disebut cacat,” ujarnya.


Arifin juga memastikan pemeriksaan kesehatan hewan kurban dimulai berjenjang dari kabupaten/kota atau provinsi pengirim, kemudian ketika hewan kurban tiba maka kabupeten/kota dan provinsi akan memantau perkembangan di tempat penjualan.


“Kabupaten/kota akan tetap melakukan monitoring, provinsi akan menurunkan dokter hewan,” ucapnya.***


Sumber: PikiranRakyat

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Idul Qurban Sudah Siap, Ridwan Kamil: Pastikan Kebutuhan Hewan 2022 di Jabar Aman

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x