terkini

Ads Google

Dongkrak Ekonomi Masyarakat, Baitul Mal Aceh Bangun Cotagge VIP Wisata Bahari Pulau Panjang

Redaksi
8/27/22, 11:31 WIB Last Updated 2022-08-27T04:31:32Z


Kabaran Aceh,- Baitul Mal Aceh (BMA) berkomitmen dalam peran pengentasan kemiskinan melalui kegiatan pemberdayaan ekonomi baik individu maupun kelompok dari sumber dana zakat dan infak.


Salah satu program unggulan BMA adalah program Gampong Zakat Produktif (GZP). Program tersebut menyasar gampong yang memiliki potensi dan konsep pengembangan ekonomi berbasis kearifan lokal masing-masing gampong.


GZP ini juga memiliki konsep pemberdayaan masyarakat melalui usaha produktif yang dikelola secara bersama. Kegiatan ekonomi yang dibantu oleh BMA ini dalam jangka panjang diharapkan bisa meningkatkan ekonomi, produktifikas dan kemandirian masyarakat di gampong tersebut.


Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Sekretariat BMA, Rahmad Raden saat meresmikan Cotagge VIP Wisata Bahari Pulau Panjang di Gampong Pulau Baguk, Kec. Pulo Banyak, Kab. Aceh Singkil, Jumat (26/08/2022) sore.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pj Bupati Aceh Singkil yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Singkil, Faisal, S.Pd, Camat Pulau Banyak, Mukhlis S.STP dan undangan lainnya


“Gampong Pulau Baguk ini merupakan salah satu penerima bantuan GZP tahun 2021 bersama 32 gampong lain diseluruh Aceh. Adapun jumlah bantuannya sebesar Rp100 juta yang disalurkan BMA melalui Baitul Mal Gampong (BMG). Bantuan BMA tersebut digunakan BMG Pulau Baguk untuk membangun cotagge VIP yang kita resmikan ini,” kata Rahmad Raden.


Rahmad Raden menjelaskan BMA melihat potensi pariwisata bahari Pulau Panjang di Gampong Pulau Baguk ini memiliki prospek yang sangat besar sebagai salah satu destinasi wisata tingkat nasional. Sehingga potensi ini bisa ikut mendongkrak perekonomian masyarakat di Pulau Banyak. 


“Bantuan yang diserahkan BMA diharapkan menjadi investasi berkelanjutan bagi mustahik/dhuafa yang ada di Pulau Baguk. Dengan demikian perekonomian masyarakat setempat akan menjadi lebih baik lagi,” harap Rahmad.


Pada kesempatan tersebut Rahmad Raden juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada mitra sukses BMA yang telah mendukung kegiatan ini, diantaranya DPMG Provinsi Aceh, BMK Aceh Singkil, pendamping desa, kepala desa, BUMDES, dan BMG.


Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Singkil, Faisal, S.Pd. dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada BMA atas dukungan kegiatan Gampong Zakat Produktif tersebut. Menurutnya Gampong Pulau Baguk adalah gampong yang tepat dipilih oleh BMA untuk bekerja sama karena termasuk gampong yang aktif dalam hal pemberdayaan masyarakat. 


“Kegiatan GZP ini menjadi contoh bagi yang lainnya dalam hal pemberdayaan ekonomi masyarakat,” kata Faisal.


Sementara itu Kepala Desa Kades Pulau Baguk Hardi juga mengucapkan terima kasih kepada BMA atas bantuan tersebut. Ia menambahkan hasil usaha penyewaan cotage ini, nantinya sebanyak 40% dari keuntungan akan salurkan kepada fakir dan miskin yang ada di desanya setiap 3 bulan.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dongkrak Ekonomi Masyarakat, Baitul Mal Aceh Bangun Cotagge VIP Wisata Bahari Pulau Panjang

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x