terkini

Ads Google

Program Mikro Targeting, Ganjar Soroti Tentang Pesan Presiden Bahwa Investasi Mesti Dipermudah

Sri Handayani
1/18/23, 02:16 WIB Last Updated 2023-01-17T19:16:45Z

Program Mikro Targeting, Ganjar Soroti Tentang Pesan Presiden Bahwa Investasi Mesti Dipermudah



Kabaran Bogor, - Program mikro targeting dengan menggandeng kepala desa hingga camat di semua daerah di Jawa Tengah.


Dalam penanganan kemiskinan dan persoalan stunting. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan strategi baru.


Hal itu disampaikan Ganjar usai menghadiri acara Rakornas Forkopimda 2023 di Sentul, Bogor, Selasa 17 Januari.


Dalam acara yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo itu, seluruh kepala daerah dan jajaran Forkopimda hadir untuk menerima pengarahan.


Satu di antaranya adalah persoalan penanganan kemiskinan dan stunting. Ada beberapa hal yang ditekankan Jokowi dalam pertemuan itu.


"Saya kira Pak Presiden sedang mengibarkan bendera start untuk tahun anggaran 2023, agar semuanya siap," kata Ganjar Pranowo.


Jawa Tengah akan menyambut dengan cepat arahan presiden dengan membuat program penanganan kemiskinan dan stunting dengan mikro targeting.


Lanjut dia, bagaimana penanganan kemiskinan dan stunting, "Sehingga kita harapkan bisa ketahuan dengan detil, yang miskin siapa, datanya di mana saja, jumlahnya berapa, intervensinya seperti apa. Dan kalau sudah ada, penanganannya mesti dilakukan secara kolaboratif," ucapnya.


Namun, pasca pandemi ada beberapa daerah yang mengalami kenaikan.


Selama ini kata Ganjar, program penanganan kemiskinan dan stunting sudah berjalan dengan baik di Jawa Tengah.


"Tapi kami tetap siaga. Maka insyaallah mulai minggu ini kami akan roadshow di beberapa tempat dan memberikan penugasan pada kawan-kawan kades untuk mendata dengan detail. Camat saya minta mengkoordinasikan dan masing-masing bupati akan bertanggungjawab di daerah-daerahnya," tegasnya.


Juga penggunaan APBD dan APBN bisa menstimulus pertumbuhan ekonomi, pengangguran dan kemiskinan.


Tidak hanya itu, Ganjar juga menyoroti tentang pesan presiden bahwa investasi mesti dipermudah.  


"Maka harapannya, setelah pengarahan ini kami semua akan makin solid dan siap untuk betul-betul menghadapi 2023 lebih pasti, lebih terukur dengan target yang lebih jelas," pungkas Ganjar Pranowo.


Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam sambutannya memberikan sejumlah arahan. Di antaranya terkait inflasi, kemiskinan ekstrem, stunting, peningkatan investasi dan pemanfaatan anggaran untuk kemakmuran rakyat.


"Inflasi itu sekarang jadi momok semua negara. Patut kita syukuri inflasi kita 5,5 persen. Lihat negara lain bahkan hingga 92 persen. Saya minta seluruh gubernur, bupati wali kota bersama Bank Indonesia terus menjaga inflasi ini dengan memantau harga barang dan jasa yang ada di lapangan," katanya.


Terkait kemiskinan ekstrem, Jokowi mengatakan semua pihak harus bekerja keras dan bergotong royong untuk menyelesaikannya. Menurutnya, semua data sudah ada, cara penyelesaiannya juga sudah paham cara mengintervensinya.


"Termasuk penanganan stunting, semua data itu sudah ada. Tinggal ditangani secara serius. Kita bisa belajar dari penanganan pandemi. Kalau sungguh-sungguh dan bekerja keras seperti saat penanganan COVID-19, maka saya yakin pasti bisa," tegasnya. (Bd20/voi)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Program Mikro Targeting, Ganjar Soroti Tentang Pesan Presiden Bahwa Investasi Mesti Dipermudah

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x