terkini

Ads Google

Rakor Bersama BNPB RI, Pemkab Meranti Terima Dukungan Dana Siap Pakai

Redaksi
1/20/24, 01:36 WIB Last Updated 2024-01-19T18:40:41Z




Kabaran Pekanbaru, - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar beserta jajaran menghadiri Rapat Koordinasi bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI di Aula Balai Serindit Pekanbaru, Jumat (19/1/2024).


Di pertemuan tersebut, Plt Bupati Asmar bersama Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Kurnia Setiawan, beserta Muhlisin selaku Kepala BNPB Kabupaten Kepulauan Meranti. 


Kepala BNPB RI yakni Letjen TNI Suharyanto, mengatakan bahwa dari Tgl 1 hingga 18 Januari 2024, tercatat 109 bencana melanda seluruh wilayah NKRI. Maka dari itu dalam pembahasan penanganan darurat bencana ini, BNPB memberikan kesempatan  kepada pemerintah daerah untuk mengajukan Bantuan Dana Siap Pakai.


"Dana Siap Pakai merupakan dukungan BNPB untuk penanganan Darurat Bencana di Daerah, kami melihat kesempatan ini belum dimaksimalkan pemerintah daerah," ungkap Letjen TNI Suharyanto.


Dalam momen ini BNPB RI juga menyerahkan dukungan logistik untuk provinsi Riau, termasuk Kabupaten Kepulauan Meranti. Dukungan tersebut mencakup paket sembako, makanan siap saji, tenda, genset, perahu polyetelin, pompa alcon, dan tower lamp.


Gubernur Riau, Brigjen TNI (Purn) Edi Natar Nasution, menjelaskan bahwa saat ini terdapat 10 kabupaten/kota, 41 kecamatan, dan 121 desa yang terdampak banjir di seluruh Riau. Pemprov Riau telah menetapkan status siaga darurat bencana hidrometeorologi hingga 31 Januari 2024.


Masyarakat berdampak banjir hingga 15 Januari 2024 mencapai 147.301 jiwa. Gubernur Edi Natar Nasution mengungkapkan kebutuhan mendesak meliputi sembako, air minum, tenda pengungsi, perahu, selimut, kelambu, tikar, obat-obatan, hingga dapur umum.


Muhlisin sebagai Kepala BPBD Kabupaten Kepulauan Meranti, juga mengucapkan terima kasihnya atas bantuan dan menyatakan harapannya agar bantuan ini menjadi stimulus bagi penanggulangan bencana banjir di Kepulauan Meranti.


"Alhamdulillah kita mendapat bantuan Dana Siap Pakai dan bantuan logistik dari BNPB RI, semoga bantuan ini bisa menjadi stimulus penanggulangan bencana Banjir di Kepulauan Meranti," ucap Muhlisin.


Kepada 10 Kabupaten/Kota BNPB menyerahkan kepada masing-masingnya bantuan sejumlah 250 juta. Pemprov Riau, Polda Riau, dan juga Korem 021 Wira Bima di serahkan bantuan Dana Siap Pakai masing-masing sebesar 350 juta rupiah.


Selain itu Forkopimda Provinsi Riau, Bupati/Walikota, Kapolres, Dandim, dan Kepala BPBD se-Provinsi Riau juga ikut serta menghadiri rapat tersebut. dengan di adakan rapat ini diharapkan upaya penanggulangan bencana banjir dapat berjalan lebih efektif dan efisien. (Diskominfotik)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rakor Bersama BNPB RI, Pemkab Meranti Terima Dukungan Dana Siap Pakai

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x