terkini

Ads Google

Arahan Kapolda Riau Saat Pantau Arus Mudik di Pelabuhan Sungai Duku

Redaksi
4/08/24, 18:44 WIB Last Updated 2024-04-08T11:44:18Z

 


Kabaran Pekanbaru - Memasuki masa menjelang hari raya Idul Fitri 1445 H, Pelabuhan Sungai Duku di Jalan Tanjung Datuk, Kecamatan Lima Puluh, Kota Pekanbaru, menjadi sorotan dengan peningkatan signifikan aktivitas mudik. Menurut data pengelola pelabuhan, terjadi lonjakan penumpang hingga mencapai 300 persen dari hari-hari biasanya.



Untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang, pihak pengelola kapal menerapkan kebijakan yang telah disepakati bersama dinas terkait. Kapolda Riau, Irjen M Iqbal, turun langsung melakukan inspeksi dan berinteraksi dengan penumpang serta kru kapal guna memastikan semua prosedur berjalan lancar.



"Kami ingin memastikan apakah faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan bagi seluruh penumpang menjadi prioritas utama," kata Irjen M Iqbal, Minggu (7/2024) siang. Dalam inspeksinya, Irjen M Iqbal menekankan pentingnya menjaga kapasitas kapal agar tidak melebihi batas maksimal, demi menghindari risiko kecelakaan.



Irjen M Iqbal menegaskan, "Jangan mendahulukan benefit, sekali lagi prioritas utamanya adalah mendahulukan faktor keselamatan." Hal ini diungkapkan sebagai respons terhadap kebijakan menyisakan tempat duduk kosong guna menjaga kapal dari over capacity.



Dijelaskan bahwa pentingnya faktor keselamatan telah menjadi perhatian utama dalam pengecekan kapal sebelum keberangkatan, yang melibatkan berbagai pihak terkait seperti Dinas Perhubungan, Polairud, dan BPBD.



Irjen Iqbal juga tak lupa berdialog dengan penumpang di dalam kapal, mengucapkan doa agar seluruh penumpang sampai di tujuan dengan selamat. "Semoga selamat sampai tujuan. Alhamdulillah semua kesiapan sudah baik, pelampung cukup, semoga nyaman, sekali lagi semoga selamat sampai di tujuan," ucapnya.



Selain Pelabuhan Sungai Duku, Irjem M Iqbal juga memantau kondisi terminal bus Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) dan Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II. Dia mengimbau agar seluruh penumpang berhati-hati selama perjalanan, baik menggunakan transportasi darat, laut, maupun udara.



"Patuhi rambu-rambu lalu lintas, karena ini akan sangat mengganggu dan berisiko terjadinya kecelakaan," pungkasnya. Kapolda Riau menekankan pentingnya patuh terhadap aturan lalu lintas demi mencegah kecelakaan selama arus mudik.


Dengan perhatian yang intens terhadap keselamatan dan kenyamanan penumpang, Kapolda Riau, Irjen M Iqbal, menegaskan komitmennya untuk memastikan proses mudik berjalan aman dan lancar di Pelabuhan Sungai Duku serta berbagai titik transportasi lainnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Arahan Kapolda Riau Saat Pantau Arus Mudik di Pelabuhan Sungai Duku

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x