terkini

Ads Google

Ini 3 Jenis Musik Haram Menurut Habib Jafar, Selain Itu Halal!

Sri Handayani
5/17/24, 21:38 WIB Last Updated 2024-05-17T14:40:11Z
Ini 3 Jenis Musik Haram Menurut Habib Jafar, Selain Itu Halal!
Ini 3 Jenis Musik Haram Menurut Habib Jafar, Selain Itu Halal!

Kabaran Gosip, - Habib Husein Jafar Al Hadar pernah menjelaskan beberapa jenis musik yang hukumnya haram dalam Islam.


Penjelasan ini muncul di tengah ramainya polemik terkait ceramah Ustaz Adi Hidayat (UAH) yang menghalalkan musik, yang menuai pro dan kontra di masyarakat.


Musik Haram Menurut Habib Jafar


Dalam sebuah diskusi dengan Onadio Leonardo (Onad), Onad mengungkapkan kekhawatirannya mengenai musik yang dianggap haram oleh seseorang yang telah berhijrah dan takut masuk neraka karena mendengarkan musik. Habib Jafar kemudian menjelaskan bahwa tidak semua musik haram, namun ada jenis musik tertentu yang memang dilarang.


1. Musik yang Mengandung Maksiat: Musik yang mengajak pada perbuatan maksiat, seperti yang mengandung lirik vulgar, pornografi, atau yang mendorong perilaku negatif lainnya.

   

2. Musik yang Mengabaikan Kewajiban Agama: Musik yang membuat seseorang lalai dari kewajibannya kepada Allah, seperti meninggalkan salat atau ibadah lainnya karena terlalu sibuk dengan musik.

   

3. Musik yang Memicu Nafsu dan Syahwat: Musik yang secara sengaja diciptakan untuk membangkitkan nafsu dan syahwat, yang bisa mengarahkan pendengarnya kepada perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam.


Habib Jafar menekankan bahwa musik yang tidak mengandung unsur-unsur tersebut justru bisa menjadi sarana untuk berdakwah dan membahagiakan orang lain, sehingga hukumnya halal dan bahkan berpahala. 


"Tapi kalau tidak identik dengan kemaksiatan, malah banyak musik yang dijadikan medium untuk berdakwah atau membahagiakan orang lain, membuat orang yang sumpek jadi senang, nah itu berpahala," jelasnya.


Penjelasan ini menggarisbawahi pentingnya niat dan konten dalam bermusik. Jika tujuan bermusik adalah untuk menyebarkan kebaikan dan kebahagiaan, maka musik tersebut bukan hanya halal tetapi juga dapat mendatangkan pahala bagi pelakunya. (Bd20)


Editor: Mas Bons

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ini 3 Jenis Musik Haram Menurut Habib Jafar, Selain Itu Halal!

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x