terkini

Ads Google

Afrika Harus Jadi Zona Bebas Apartheid

Sri Handayani
3/22/22, 12:41 WIB Last Updated 2022-03-22T05:41:02Z
Afrika Harus Jadi Zona Bebas Apartheid



Kabaran Afrika, - Aktivis Afrika bersumpah untuk melawan apartheid Israel pada pertemuan bersejarah di Dakar. 


Mereka juga bersumpah untuk mengisolasi Israel dengan cara yang sama seperti apartheid di Afrika Selatan, dan akan berupaya agar akreditasi Israel ke Uni Afrika dicabut.


Ini terjadi setelah pertemuan dan konferensi langsung pertama Jaringan Solidaritas Palestina Pan-Afrika (PAPSN) di ibukota Senegal, Dakar, pada 10-12 Maret yang lalu.


Delegasi mewakili organisasi dan kelompok masyarakat sipil dari Botswana, Kamerun, Pantai Gading, Republik Demokratik Kongo, Gambia, Ghana, Guinea-Bissau, Kenya, Malawi, Mauritania, Maroko, Mozambik, Namibia, Nigeria, Senegal, Afrika Selatan, Sudan, Tanzania, Tunisia, Zambia, dan Zimbabwe.


Dikutip laman Qodsna (22/3/2022), Acara tiga hari ini diselenggarakan oleh Plateforme de Solidarieté Sénégal-palestine (Platform Solidaritas Palestina Senegal) dan Amnesty International cabang Senegal dengan tema “Dari Afrika ke Palestina Bersatu melawan Apartheid"


Menjadi tuan rumah konferensi di Dakar sangat penting secara simbolis dan strategis.


“Kewajiban bagi kami untuk menjadi tuan rumah konferensi ini di Senegal,” kata Dialo Diop dari Plateforme de Solidarieté Sénégal-Palestine.


“Kami tahu kami memiliki tanggung jawab khusus, bukan hanya karena kami saat ini memimpin Uni Afrika, tetapi karena Senegal telah mengetuai Komite Khusus PBB tentang Pelaksanaan Hak-Hak Rakyat Palestina (CEIRPP) sejak dibentuk pada tahun 1975,"


"Ini pertemuan pan-Afrika telah memperkuat tekad kami untuk memastikan bahwa pemerintah kami memang akan menjunjung tinggi solidaritas dengan rakyat Palestina di tingkat nasional dan internasional,"


Untuk Amnesty International Senegal, konferensi itu diadakan hanya sebulan setelah laporan Amnesty International mengkonfirmasi bahwa Israel bersalah karena mempraktikkan apartheid terhadap rakyat Palestina.


“Ini pertama kalinya aktivis solidaritas Palestina mengadakan gathering seperti ini di Afrika,"


"Representasi luas kelompok-kelompok dari seluruh benua belum pernah terjadi sebelumnya dalam hal solidaritas Palestina,” kata juru bicara PAPSN dan koordinator Koalisi Boikot, Divestasi dan Sanksi Afrika Selatan, Roshan Dadoo.


Delegasi membahas bagaimana Israel telah merusak dukungan lama Afrika terhadap perjuangan pembebasan Palestina dengan memasok senjata, perangkat keras militer, dan teknologi pengawasan kepada pemerintah Afrika yang represif.


Dengan melakukan itu, Israel telah membantu melemahkan demokrasi dan hak asasi manusia di Afrika, dan memicu penindasan, kudeta, dan perang di benua itu.


Pengaruh Zionisme Kristen yang mengganggu, dan dukungan untuk Israel dari berbagai komunitas Kristen dan struktur gereja yang berusaha memberikan pembenaran teologis atas kejahatan apartheid Israel, juga diperiksa.


Delegasi berkomitmen untuk memerangi penyalahgunaan agama Kristen untuk membenarkan apartheid dan kolonialisme Israel.


Konferensi tersebut juga membahas bagaimana Israel berusaha untuk mencuci hijau kejahatan apartheidnya melalui penjualan irigasi, air dan teknologi pertanian ke negara-negara Afrika. 


Proyek-proyek ini tidak berkelanjutan dan merusak komunitas lokal dan anggota PAPSN bertekad untuk mengekspos dampak destruktif Israel di Afrika.


Delegasi memutuskan untuk memperkuat solidaritas pan-Afrika untuk Palestina dengan memobilisasi semua sektor masyarakat Afrika untuk membangun kampanye BDS yang efektif melawan Israel yang dimodelkan di sepanjang gerakan keadilan sosial yang mengisolasi dan membantu mengalahkan apartheid di Afrika Selatan. 


Afrika harus menjadi zona bebas apartheid.


PAPSN menuntut agar pemerintah Afrika, Komunitas Ekonomi Regional, dan Uni Afrika mencabut akreditasi Israel ke AU; menyelidiki Israel karena melakukan kejahatan apartheid dan meminta pertanggungjawabannya; dan lobi untuk pengaktifan kembali mekanisme anti-apartheid PBB terhadap Israel.


Selain itu, PAPSN meminta pemerintah Afrika untuk mengakhiri pembelian agribisnis, proyek air dan militer Israel serta teknologi pengawasan dengan perusahaan Israel.


Anggota PAPSN juga menyerukan pemutusan hubungan diplomatik Afrika dengan Israel.


“Ini akan memastikan bahwa Israel dimintai pertanggungjawaban, seperti yang dilakukan terhadap apartheid Afrika Selatan,” kata Dadoo.


Jamal Juma – anggota pendiri Komite Nasional BDS Palestina (BNC), yang memimpin gerakan BDS global terinspirasi oleh apa yang dia lihat di Dakar.


“Tekad PAPSN untuk memperkuat solidaritas pan-Afrika dengan Palestina adalah sinar harapan yang kita butuhkan orang Palestina dalam perjuangan kita melawan rezim apartheid Israel yang semakin intensif,"


"Ikatan tak terpatahkan dari orang-orang yang berbagi perjuangan bersama melawan kolonialisme dan pendudukan asing terlihat jelas selama seluruh pertemuan itu,” kata Juma.


Warisan ikon pembebasan Afrika, Nelson Mandela dan Julius Nyerere, ditegakkan dan diberi dorongan baru di Dakar.


Nkosi Zwelivelile Mandela, cucu Nelson Mandela dan anggota parlemen Afrika Selatan, mencatat bahwa tahun ini menandai 60 tahun sejak kakeknya mengunjungi Dakar, sebagai bagian dari tur 16 negara Afrika untuk memobilisasi dukungan bagi perjuangan anti-apartheid Afrika Selatan.


“Inisiatif berani ini menjadi pertanda baik dan mengirimkan pesan yang kuat kepada orang-orang Palestina yang diduduki bahwa Anda tidak sendirian dan bahwa orang-orang Afrika mendukung Anda dalam perjuangan Anda sama seperti Anda mendukung kami selama perjuangan kami untuk pembebasan di seluruh benua,” kata Mandela.


Mewakili Organisasi Wanita Pan-Afrika, Emma Nyerere mengatakan dia senang bahwa PAPSN melanjutkan kerja solidaritas yang dimulai oleh para pemimpin Afrika seperti kakeknya, Julius Nyerere dan yakin bahwa solidaritas dengan Palestina di Afrika akan mengalahkan propaganda apartheid Israel.


“Pengaruh ide-ide yang ditanam di era Julius Nyerere yang mendukung solidaritas perjuangan penentuan nasib sendiri rakyat Palestina sangat kuat,"


PAPSN menegaskan kembali bahwa orang Afrika tidak akan pernah menikmati buah dari pembebasan kita sampai rakyat Palestina juga bebas dari rasisme, apartheid, dan pendudukan penjajah Israel. 


“Kita telah mengakhiri apartheid yang melembaga di Afrika Selatan, bersama-sama kita dapat mengakhirinya di Palestina,” kata Roshan Dadoo.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Afrika Harus Jadi Zona Bebas Apartheid

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x