terkini

Ads Google

Mulai Sadar Harga Sebenarnya Perang Ini

Sri Handayani
3/06/22, 10:14 WIB Last Updated 2022-03-06T03:14:24Z

Mulai Sadar Harga Sebenarnya Perang Ini


Kabaran Internasional, - Seorang negosiator Ukraina mengklaim Rusia kini menyadari dampak perang yang sebenarnya. Ia juga menyatakan kesadaran ini membuat dialog antara keduanya menjadi 'konstruktif'.

 

"Saat perang dimulai, mereka (Rusia) bersikeras melakukan dominasi total. Mereka tidak menduga Ukraina akan memberikan perlawanan yang begitu keras," kata penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Mykhailo Podolyak, Sabtu (5/3), dikutip dari AFP.

 

"Mereka mulai menyadari harga sebenarnya dari perang saat ini. Kini kami mulai mendapatkan negosiasi konstruktif," lanjutnya.

 

Podolyak sendiri berpartisipasi dalam dua ronde awal dialog antara Ukraina dan Rusia. Menurutnya, Rusia kini berada dalam situasi yang buruk.

 

Baca Juga:

Karya Seni Instalasi dari Bahan Sampah yang Mereka Pungut di Pantai

Satlantas Polresta Bandung Bersama Dishub Kab. Bandung adakan Giat Ganjil Genap

 

"(Rusia) telah kehilangan peralatan dan tentara mereka dalam jumlah besar. Sanksi yang tak pernah kita sebelumnya menghancurkan ekonomi mereka. Negara mereka telah menjadi penjahat di mata internasional dan propaganda mereka tidak berhasil sama sekali," kata Podolyak.

 

Podolyak juga menekankan Ukraina masih berfokus mencapai tiga hal dalam negosiasi bersama Rusia. Rinciannya, gencatan senjata secepatnya, jaminan keamanan bahwa negara itu tak akan diserang lagi, dan kompensasi signifikan terkait korban jiwa dan kerusakan di kota-kota Ukraina.

 

Selain itu, Podolyak juga mengulangi permintaan Zelensky kepada NATO, yakni memberlakukan zona larangan terbang di wilayah udara Ukraina. Permintaan ini telah ditolak NATO pada Jumat (4/3).

 

Baca Juga:

Desa Adat yang Ada di Kabupaten Badung Miliki Tradisi

Banyak yang Lupa Status Palestina

 

Penolakan ini menuai kritik dari Zelensky. Ia menilai blok itu telah "memberikan lampu hijau untuk pengeboman lebih lanjut di kota dan desa Ukraina."

 

Sumber: CNN Indonesia

 

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mulai Sadar Harga Sebenarnya Perang Ini

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x