terkini

Ads Google

Bangkitkan Industri Pariwisata, Disbudpar Aceh Helat Festival Pesona Barsela di Tapak Tuan

Redaksi
8/24/22, 14:09 WIB Last Updated 2022-08-24T07:09:37Z


Kabaran Banda Aceh - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh bakal menghelat Festival Pesona Barat Selatan 2022 pada akhir pekan ini, 27-28 Agustus 2022 di Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan. 


Kepala Disbudpar Aceh, Almuniza Kamal, mengatakan kegiatan ini dilaksananakan untuk memperkenalkan budaya dan sumber daya alam yang dimiliki barat selatan (Barsela) Aceh ke daerah luar.


Pasalnya, kata Almuniza, Provinsi Aceh memiliki keanekaragaman budaya. Antara satu daerah dengan daerah lain terdapat adat, budaya dan suku yang berbeda. Di wilayah ini terdapat suku Aneuk Jamee, Kluet, Haloban (Singkil), hingga Devayan (Simeulue). 


Selain itu, dukungan bentang alam yang indah seperti Rawa Singkil, Kepulauan Banyak, Aceh Selatan, Aceh Jaya, hingga Pulau Simeulue, menjadikan pantai Barsela sebagai tujuan wisata terbaik.


“Jadi, Festival Pesona Barat Selatan ini sebagai salah satu upaya Pemerintah Aceh dalam mempromosikan keindahan dan keunikan budaya di pesisir, khususnya di kawasan Barsela Aceh,” kata Almuniza di Banda Aceh, Selasa, 23 Agustus 2022.


Almuniza mengajak semua pihak untuk terus melestarikan adat, budaya, alam, dan lingkungan, demi bangkitnya industri pariwisata di kawasan pesisir Aceh.


“Kita terus berupaya mendorong perkembangan industri pariwisata Aceh agar masyarakat sejahtera. Mohon dukungannya, mari kita manfaatkan momen ini untuk memperkenalkan keelokan pariwisata dan budaya kita kepada wisatawan,” pintanya.




Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Teuku Hendra Faisal menambahkan, Festival Pesona Barsela ini menjadi media bagi seniman lokal untuk terus mengembangkan tradisi budayanya dan bangkit kembali pasca-pandemi Covid-19. 


"Kegiatan ini juga untuk memberikan edukasi secara maksimal mengenai pemasaran world of mouth dan digital marketing tentang keindahan alam dan budaya barat selatan Aceh, serta mampu membawa generasi muda maupun masyarakat umum ikut mengembangkan wisata di daerahnya,” kata Hendra.


Sebagai informasi, selain penampilan kesenian tradisonal, di Festival Pesona Barsela nanti bakal turut dimeriahkan musisi nasional seperti Wahyu Selow dan Rury Republik. 


Bahkan, sejumlah artis lokal Aceh yang tengah populer seperti Safira Amalia hingga Rial Doni juga bakal ikut menghibur pengunjung. []

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bangkitkan Industri Pariwisata, Disbudpar Aceh Helat Festival Pesona Barsela di Tapak Tuan

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x