terkini

Ads Google

Hidayat Dorong Pemuda Pancasila Aktif Implementasikan Pancasila

Sri Handayani
6/01/24, 20:16 WIB Last Updated 2024-06-01T13:16:21Z
Hidayat Dorong Pemuda Pancasila Aktif Implementasikan Pancasila
Hidayat Dorong Pemuda Pancasila Aktif Implementasikan Pancasila

Kabaran.Id, - Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid, mendorong Pemuda Pancasila untuk semakin berperan aktif dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.


Dia menekankan pentingnya keberadaan organisasi ini di tengah masyarakat serta komitmen mereka terhadap ideologi bangsa.


Pernyataan tersebut disampaikan saat Hidayat menerima Delegasi Pimpinan MPC Pemuda Pancasila Jakarta Selatan di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Jumat (31/5/2024), menjelang Hari Lahir Pancasila.


Menurutnya, dengan menjalankan Pancasila, Pemuda Pancasila akan tetap percaya diri menghadapi perkembangan dan tantangan di masyarakat.


"Dengan mengamalkan Pancasila, para pemuda akan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, menjadi solusi untuk masalah yang dihadapi seperti ekonomi, sehingga mereka tidak bingung dan tetap setia pada Pancasila, menghindari korupsi, merusak lingkungan, intoleransi, dan radikalisme," ujar Hidayat.


Dia juga menyoroti transisi seperti pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan.


Meskipun kantor pusat organisasi juga berpindah, komitmen terhadap Pancasila harus tetap kuat untuk memastikan NKRI tetap kokoh.


Hidayat menjelaskan bahwa pemindahan ibu kota masih menunggu Keputusan Presiden (Keppres), meskipun DPR dan pemerintah telah mengesahkan UU tentang DKI Jakarta yang diubah menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ) dan UU tentang IKN. Sehingga, secara de facto, ibu kota negara masih Jakarta sampai Keppres dikeluarkan.


"Pemindahan ibu kota bertujuan untuk pemerataan pembangunan dan memperkuat pemahaman tentang kenegaraan dan kebangsaan, serta kesatuan NKRI," imbuhnya.


Hidayat juga mengkritik kasus korupsi Timah yang merugikan negara hingga Rp 300 triliun, menekankan bahwa korupsi sebesar itu tidak mungkin terjadi jika Pancasila diimplementasikan dengan benar.


Di tengah kondisi transisi yang bisa menimbulkan kegamangan di masyarakat, dia menekankan pentingnya kesatuan nasional melalui peran aktif organisasi seperti Pemuda Pancasila.


Hidayat mendukung program wirausaha untuk anggota Pemuda Pancasila Jakarta Selatan, menyoroti pentingnya pelatihan dan contoh sukses untuk mendorong anggota lainnya berwirausaha dan mendapatkan dukungan dari Kementerian Sosial dan pihak lain yang memberikan bantuan.


Pertemuan tersebut dihadiri oleh Delegasi Pimpinan MPC Pemuda Pancasila Jakarta Selatan, yang dipimpin oleh Ketua MPC PP Kota Jakarta Selatan, R.H. Yedidiah Soerjosoemarno, SH, ST.


Ia didampingi oleh Sekretaris MPC PP Jakarta Selatan Dendy Jauhari Kurniawan, Wakil Ketua Abdul Hasyim, Wakil Ketua Novianto, serta Sekretaris DPC Srikandi Jakarta Selatan, Hj. Nabila Abubakar Al Habsyi, S. Si, M.Si.


Yedidiah mengungkapkan bahwa MPC Pemuda Pancasila Jakarta Selatan sedang berusaha agar anggota PP menjadi wirausaha untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. 


"Ada bantuan program wirausaha sosial dari Kementerian Sosial. Bantuan tersebut diberikan kepada kelompok, bukan individu, sehingga ada tanggung jawab bersama dalam mengelola usaha. Setiap ranting diharapkan memiliki kelompok usaha, seperti warung," jelas Yedidiah. * 


Editor: Mas Bons

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hidayat Dorong Pemuda Pancasila Aktif Implementasikan Pancasila

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x