terkini

Ads Google

Cyril Ramaphosa: Ukraina atau Barat Sebagai Penengah

Sri Handayani
3/18/22, 17:55 WIB Last Updated 2022-03-18T10:59:14Z

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa


Kabaran Afrika, - Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa menyalahkan NATO atas perang di Ukraina dan mengatakan dia akan menolak seruan untuk mengutuk Rusia, dalam komentar yang menimbulkan keraguan apakah dia akan diterima oleh Ukraina atau Barat sebagai penengah.

 


Ramaphosa, di parlemen, mengatakan, “Perang dapat dihindari jika NATO telah mengindahkan peringatan dari antara para pemimpin dan pejabatnya sendiri selama bertahun-tahun bahwa ekspansi ke arah timur akan mengarah pada ketidakstabilan yang lebih besar, tidak kurang, di wilayah," Kamis (17/3/2022).

 


 Mantan Gubernur California Minta, Hentikan Serangan ke Ukraina

 


Namun dia menambahkan bahwa Afrika Selatan “Tidak dapat memaafkan penggunaan kekuatan dan pelanggaran hukum internasional  referensi yang jelas untuk invasi Rusia 24 Februari ke Ukraina,”

 


Presiden Vladimir Putin telah mencirikan tindakan Rusia sebagai operasi khusus untuk melucuti senjata dan mendenazifikasi Ukraina dan melawan apa yang disebutnya agresi NATO.

 

Baca Juga : Pfizer Luncurkan Vaksin Covid 19

 

Kyiv dan sekutu Baratnya percaya Rusia melancarkan perang tanpa alasan untuk menaklukkan tetangga yang disebut Putin sebagai negara buatan.

 

Ramaphosa juga mengungkapkan bahwa Putin telah meyakinkannya secara pribadi bahwa negosiasi sedang membuat kemajuan. Pemimpin Afrika Selatan itu mengatakan dia belum berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, tetapi dia menginginkannya.

 

Baca Juga : Dua Warga Inggris di Penjara Bertahun-Tahun di Iran

 

Ramaphosa mengatakan Afrika Selatan telah diminta untuk menengahi dalam konflik Rusia-Ukraina. Dia tidak mengatakan siapa yang memintanya untuk campur tangan.

 

“Ada orang-orang yang bersikeras bahwa kita harus mengambil sikap yang sangat bermusuhan terhadap Rusia,” tambah Ramaphosa. 

 

Baca Juga : Presiden Joe Biden Beri Dukungan Militer untuk Ukraina

 

“Pendekatan yang akan kita ambil [sebagai gantinya] adalah … bersikeras bahwa harus ada dialog,” dikutip Reuters pada Jumat (18/3/2022).

 

Partai Kongres Nasional Afrika Ramaphosa, yang telah memerintah Afrika Selatan sejak kekuasaan minoritas kulit putih berakhir pada 1994, memiliki ikatan kuat dengan bekas Uni Soviet, yang melatih dan mendukung para aktivis anti-apartheid selama Perang Dingin.

 

Baca Juga : Dua Wanita di Blok Menara Kyiv Merekam Kehdupan Baru

 

Karena alasan itu, Afrika Selatan terkadang dicurigai di antara saingan Rusia di Barat, meskipun masih menikmati pengaruh diplomatik tingkat tinggi dibandingkan ukuran ekonominya sejak transisi damai menuju demokrasi.

 

Ramaphosa mengatakan penolakan bersejarah Afrika Selatan untuk memihak berarti “beberapa bahkan mendekati kami dengan peran yang dapat kami mainkan [mediasi]”.

 

Baca Juga : Dorongan Ukraina Rebut Kembali Kota Selatan

 

“Kami tidak pernah ingin berpura-pura memiliki pengaruh besar yang dimiliki negara lain, tetapi kami sedang didekati. [Untuk] mengutuk satu [pihak] … menyita peran yang bisa kita mainkan,” pungkasnya.

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cyril Ramaphosa: Ukraina atau Barat Sebagai Penengah

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x