terkini

Ads Google

Mahfud MD : SYL Sudah Menjadi Tersangka

Redaksi
10/04/23, 14:29 WIB Last Updated 2023-10-04T07:29:28Z



Kabaran Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) diketahui kini telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, hal itu diungkapkan oleh Menko Polhukam Mahfud MD di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/10/2023).



Mahfud juga menyatakan bahwa ekspose perkara terkait kasus yang menjerat Syahrul Yasin Limpo sudah dilakukan sejak lama. 



“Bahwa dia sudah tersangka? Ya, saya sudah dapat informasi. Malah sejak kalau eksposenya itu kan sudah lama kalau tersangka," kata Mahfud.



Mahfud pun meyakini bahwa KPK mampu mencari keberadaan Syahrul yang saat ini menjadi misteri karena belum pulang dari Eropa setelah melaksanakan lawatan kerja.



"Ya mudah-mudahan segera ketemu, kan orang sekelas menteri tidak mudah juga menghilang begitu ya. Kalau menghilang dalam arti menghindari aparat atau lari begitu saya kira tidak mudah," ujarnya. 



Kendati demikian, Mahfud enggan berspekulasi bahwa kabar hilangnya Syahrul merupakan upaya menghindari proses hukum. Sebab, sampai saat ini KPK selaku lembaga penegak hukum belum menerbitkan daftar pencarian orang (DPO) atas menghilangnya Syahrul Yasin Limpo.



"Ini kan belum DPO, kita tunggu informasinya saja dulu," kata Mahfud.



Sebagai informasi, KPK telah memulai penyidikan dan menetapkan tersangka dalam kasus dugaan korupsi di Kementan. Namun KPK belum mengumumkan siapa saja tersangka dalam kasus itu.



KPK juga telah melakukan penggeledahan di rumah dinas SYL. Ada duit puluhan miliar rupiah yang disita.



Penggeledahan di rumah dinas SYL itu dilakukan pada Jumat (29/9). Saat penggeledahan dilakukan, SYL sedang berada di Roma, Italia, untuk melaksanakan tugas kedinasan.



Kini keberadaan Syahrul Yasin Limpo belum diketahui. NasDem mengatakan kadernya itu akan kembali ke Indonesia pada 5 Oktober. 


Sumber : Kompas

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahfud MD : SYL Sudah Menjadi Tersangka

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x